Sukses

Beauty

Telat Haid Tak Selamanya Karena Hamil, Mungkin Ini Yang Terjadi Pada Kamu

Pada umumnya, sirkulasi haid atau menstruasi terjadi setiap 28 hari. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa seorang wanita akan mengalami haid kurang dari 28 hari atau bahkan lebih. Bagi kamu yang tidak sedang berusaha untuk hamil, haid yang datangnya terlambat mungkin akan membingungkan dan membuat takut. Tak usah takut dan khawatir Ladies, terlambat haid memang sering kali terjadi. Dan hal ini terjadi tentu bukan tanpa alasan. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab utama kenapa seseorang mengalami keterlambatan haid.

Dikutip dari laman prevention.com, inilah beberapa hal yang kemungkinan besar terjadi pada diri kamu sehingga haid sering datang terlambat. Padahal, kamu sangat yakin bahwa kamu tidak sedang hamil.

    Stres

    Haid yang datangnya tidak teratur dan suka telat biasanya disebabkan karena seseorang sedang mengalami stres. Stres adalah salah satu hal yang bisa membuat otak tak bisa bekerja dengan baik untuk mengatur siklus haid. So, kamu jangan heran jika saat stres kamu mengalami keterlambatan masa haid. Sebagai catatan, semakin kamu stres, bisa jadi semakin telat pula datangnya haid tersebut. Tapi, tidak menutup kemungkinan bahwa stres juga memicu datangnya haid lebih cepat.

    Masalah Dengan Tiroid

    Kelenjar tiroid merupakan suatu kelenjar yang terletak di leher. Selain berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh, kelenjar ini juga berfungsi untuk mengatur sistem tubuh lainnya. Study membuktikan bahwa ketika kelenjar tiroid seseorang sedang bermasalah, hal ini juga akan berdampak pada siklus haid atau bulanan orang tersebut.

    Penyakit Kronis

    Meski tidak jarang haid yang datanya telat tidak berbahaya, tapi kamu harus tetap hati-hati dan waspada. Beberapa penelitian menyebutkan jika siklus bulanan yang tidak teratur bisa jadi sebagai pertanda bahwa kamu sedang mengalami sakit kronis. Sakit kronis ini bisa berhubungan dengan kandungan, ovarium ataupun kesehatan tubuh bagian dalam lainnya.

    Gangguan Ovarium

    Ketika siklus haid tidak teratur atau sering datang terlambat, kemungkinan besar bahwa kamu sedang mengalami gangguan ovarium. Gangguan ovarium seperti Polycystic Ovary Sympton atau PCOS dipercaya dapat mengganggu siklus haid. PCOS sendiri merupakan ketidakseimbangan hormon estrogen, progeteron dan testosteron di mana hal ini bisa menurunkan ovulasi.

    Penggunaan Alat Kontrasepsi

    Apakah kamu menggunakan alat kontrasepsi? Jika iya, jangan heran jika kamu mengalami keterlambatan siklus haid. Salah satu efek samping paling utama dari penggunaan alat kontrasepsi adalah keterlambatan siklus haid. Tak hanya terlambat, beberapa alat kontrasepsi bahkan menjadikanmu tak mengalami haid sama sekali dalam beberapa waktu bulan.

Ladies, itulah beberapa hal yang mungkin terjadi pada tubuh kamu ketika kamu sering kali mengalami keterlambatan siklus haid. Selain hal di atas, ada hal lain yang juga menjadi penyebab utama keterlambatan haid, hal itu antara lain adalah menopause dini, penurunan berat badan secara drastis atau kenaikan berat badan secara praktis. Jika kamu mengalami keterlambatan haid, jangan panik dan langsung mengira bahwa hal ini adalah tanda kehamilan ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading