Sukses

Beauty

Makanan Ini Enak Sih Tapi Sebaiknya Hindari Saat Haid

Saat haid, fisik dan mental wanita bisa dalam kondisi tak stabil. Selain kram perut, nyeri di beberapa bagian tubuh, dan pusing, emosi wanita juga bisa naik turun. Suasana hati pun bisa sangat sulit dikendalikan. Memang agak repot ya kalau sedang haid.

Agar kondisi tubuh bisa stabil saat haid, kita memang perlu istirahat yang cukup. Selain itu, perlu diperhatikan juga makanan dan minuman yang kita konsumsi. Saat haid, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan dan minuman ini. Tujuannya supaya haid berjalan lancar dan rasa sakit bisa berkurang.

    Makanan Cepat Saji

    Hindari fast food untuk mengurangi kram saat sedang haid, ya Ladies. Tingginya lemak trans akan membuat hormon estrogen menjadi naik, dan hal ini pula yang memicu nyeri pada perut. Agar terhindari dari nyeri perut yang menyiksa, kita memang perlu mengontrol diri menghindari jenis makanan cepat saji.

    Makanan yang Terlalu Manis

    Makanan yang terlalu manis juga tidak disarankan dikonsumsi saat sedang haid. Kenapa? Karena tingginya kandungan gula di dalam makanan seperti permen, soda, dan lainnya justru akan membuat tubuh terasa tidak nyaman. Kram perut juga bisa makin terasa menyiksa. So, batasi konsumsi makanan yang terlalu manis saat si merah datang, ya.

    Makanan Kalengan dan Ragam Gorengan

    Makanan kalengan yang telah diproses terlebih dahulu seringkali menjadi pilihan yang mudah karena penyajiannya yang cepat. Tetapi makanan kalengan mengandung sodium yang sebaiknya dihindari saat sedang menstruasi. Sodium membuat tubuh jadi dehidrasi serta membatasi penyerapan air dalam tubuh. Gorengan memang enak dan sulit untuk ditolak, tetapi makanan yang kaya akan lemak dan minyak ini juga akan meningkatkan hormon estrogen. Hormon ini apabila tidak stabil jumlahnya maka akan menyebabkan nyeri dan kram pada perut.

    Makanan yang Mengandung Kafein

    Hindari semua makanan dan minuman yang mengandung kafein selama masa menstruasi. Kafein akan membatasi dan membuat peredaran darah jadi kurang lancar. Tubuh menjadi dehidrasi dan membuat Anda merasa cemas serta pusing.



Meski menolak makanan tersebut tidaklah mudah, tapi saat kita sedang haid kita memang perlu lebih berhati-hati lagi. Dengan lebih disiplin mengontrol dan membatasi makanan yang dikonsumsi, haid yang kita rasakan nantinya tidak akan terlalu menyiksa lagi.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading