Sukses

Beauty

Mengejutkan, Ternyata Sabun Antibakteri Tidak Lebih Baik Dari Sabun Mandi Biasa

Kebiasaan mencuci tangan setiap selesai melakukan apa pun adalah kebiasaan sehat yang memang harus diterapkan seluruh anggota keluarga. Bahkan mencuci tangan rutin untuk menjaga kebersihan bisa secara efektif mengurangi risiko terserang penyakit.

Mencuci tangan pakai sabun lebih diutamakan daripada hanya membilas tangan dengan air. Agar lebih efektif membersihkan bakteri, orang biasanya akan mencuci tangan dengan sabun antibakteri. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya memakai sabun mandi atau pun sabun antibakteri yang khusus untuk mencuci tangan sebenarnya tak jauh beda efektivitasnya?

Seperti dikutip dari time.com, terbukti dalam sebuah penelitian bahwa sabun antibakteri ternyata tidak lebih baik dari sabun biasa. Yang membedakan komposisi sabun antibakteri dengan sabun baisa adalah kandungan triclosan-nya yang dianggap efektif membunuh bakteri, virus dan jamur dan penyebab penyakit lainnya yang menempel di tangan.

Tapi yang ditemukan para peneliti justru berbeda. Dalam Journal of Antimicrobial Chemotherapy, dijelaskan bahwa sabun antibakteri tidak lagi bisa secara efektif membunuh bakteri lebih baik dibanding sabun mandi biasa, apalagi setelah tangan kering selama 20 detik. Bakteri tetap bisa menempel lagi di tangan, tak peduli apakah kamu mencuci tangan pakai sabun antibakteri atau tidak.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Korea University, para peneliti juga memutuskan untuk membandingkan kinerja sabun antibakteri dan sabun biasa pada 20 jenis bakteri. Percobaan dilakukan dengan cara meneteskan sabun antibakteri dan sabun biasa secara bersamaan pada dua wadah bakteri dan mencuci tangan setelah tangan terkontaminasi 20 bakteri tersebut. Hasilnya, memang tak jauh berbeda.

Yang membedakan dalam percobaan ini adalah ketika sabun antibakteri dibiarkan selama 9 jam lamanya bersama 20 bakteri, maka bakteri yang dibunuh akan lebih banyak dari sabun biasa. Sayangnya, tak akan ada orang yang rela menghabiskan waktu selama 9 jam lamanya hanya untuk mencuci tangan.

Jadi kesimpulannya, tak perlu membuang uang untuk beli sabun antibakteri yang mahal hanya untuk mencuci tangan. Kamu tetap bisa membersihkan tangan dan mencegah penyakit datang hanya dengan pakai sabun biasa.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading