Sukses

Beauty

Waspada! Inilah 5 Gejala Mengejutkan Diabetes Yang Jarang Disadari

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti di dunia. Diabetes atau yang juga sering dikenal sebagai kencing manis pada umumnya disebabkan karena tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi sehingga tidak bisa bekerja dengan baik. Ketika insulin tidak bisa bekerja dengan baik, hal ini akan menyebabkan gula darah meningkat.

Saat diabetes berisiko pada tubuh, study menyebutkan jika ada beberapa gejala yang bisa dirasakan. Namun sayang, sama seperti penyakit berat lainnya, gejala diabetes sering kali tak disadari oleh penderitanya. Dikutip dari laman prevention.com, berikut ini sedikitnya ada 5 gejala diabetes yang jarang sekali disadari. Simak baik-baik dan bila kamu mengalami gejala ini, segera periksakan diri ke dokter ya?

    Penglihatan Menjadi Kabur / Buram

    Ketika penglihatan seseorang kabur atau buram, mungkin sebagian besar akan menganggap bahwa hal itu adalah karena mata kurang sehat, mengalami minus atau gangguan mata lainnya. Namun jangan salah, jika mata kabur dan buram, hal ini bisa saja sebagai gejala awal adanya risiko diabetes. Kondisi ini terjadi karena, saat kadar air di tubuh berubah, secara tidak langsung kadar air di sekitar mata juga berubah dan menyebabkan buram.

    Kulit Gatal-Gatal

    Diabetes akan sangat berpengaruh pada sirkulasi darah. Karena pengaruh ini, tidak jarang diabetes akan menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Biasanya, gatal-gatal sebagai gejala diabetes terjadi pada kulit tangan, kulit kaki atau telapak tangan dan kaki.

    Kulit Berubah Warna

    Ketika kadar gula dalam darah terlalu tinggi, tidak jarang kulit akan berubah warna menjadi lebih gelap. Dan biasanya, kulit yang berubah warna adalah kulit leher belakang, kulit siku, kulit jari atau kulit pada lipatan-lipatan tubuh.

    Mendengkur Saat Tidur

    Dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh ahli diabetes, sebagian besar penderita diabetes mengalami gangguan napas saat tidur. Karena gangguan ini, mereka akan lebih mudah mendengkur atau mengorok saat tidur. Bahkan, saat ia tidur di siang hari dengan rentang waktu tidur yang sangat singkat. Penderita diabetes juga akan sangat mudah merasa ngantuk di pagi atau siang hari.

    Menurunnya Kemampuan Mendengar

    Gejala dari diabetes selanjutnya adalah menurunnya kemampuan mendengar. Study menyebutkan jika sebagian besar penderita diabetes akan mengalami penurunan kemampuan mendengar. Pendengaran menjadi terganggu dan ia tidak bisa mendengar suara lirih seperti sebelumnya. Jika kamu merasa pendengaranmu kurang bagus, segera periksakan diri ke dokter ya. Mencegah tentu akan lebih baik dari pada mengobati.


Ladies, itulah beberapa gejala mengejutkan dari risiko diabetes yang jarang sekali disadari. Selain gejala di atas, gejala lain adalah merasa selalu lapar dan ingin selalu makan, merasa lebih cepat haus, kulit sering kali mengalami infeksi, nyeri atau baal pada tangan dan kaki, badan terasa lemas dan lunglai serta sering buang air kecil.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading