Sukses

Beauty

Gagal Diet Instan, Kupilih Cara Aman Hingga Berat Badanku Turun 10 Kg

Di saat angka yang ditunjukkan timbangan badan tak lagi bersahabat, biasanya wanita mulai khawatir bila berat badan tidak lagi ideal. Menjaga berat badan memang sangat penting, terutama untuk kesehatan tubuh. Punya berat badan ideal dan tubuh proporsional pun akan membuat wanita terlihat cantik dan modis mengenakan pakaian apapun. Hal itu pula yang dirasakan oleh wanita kelahiran Jakarta, Ira Astuti.

Setelah melahirkan seorang putri yang cantik dan kini sudah berusia 6,5 tahun, Ira merasa kelebihan berat badan. Ia pun merasa tidak nyaman dengan kondisi berat badan yang bisa dibilang gemuk. Berbagai cara instan pun dicobanya, namun apa hasilnya? Hasilnya ia gagal total.

"Sejak tahun 2009, setelah melahirkan anak saya memikirkan untuk menurunkan berat badan. Dulu sih pengalaman menurunkan berat badan dengan akupuntur lah, minum teh pelangsing lah, hypnolangsing lah, pake aplikasi calorie counterlah. Nggak ada yang sukses karena saya mengharapkan hasil instan," ucap Ira Astuti kepada Vemale di kawasan Jakarta, Selasa, 15 September 2015.

Berulang kali dikecewakan dengan "janji manis" diet instan, Ira pun coba cara yang lebih aman. Rutin olahraga dan menjaga pola makan jadi pilihannya.

"Saya pilates 2x seminggu, ditambah olahraga sendiri di rumah minimal 30 menit per hari. Pilates 2x seminggu (dulu) jam 6 sore selama 1 jam. Setelah itu, ganti TRX 2x seminggu juga, jam 4 sore," katanya.

Foto: dok. Vemale

Sebelumnya, ia pernah mencoba yoga di Pusat Kebudayaan India, tapi hanya sebentar karena menurutnya membosankan. Hingga akhirnya pilates menjadi pilihan olahraga Ira yang efektif. Ia merasakan perubahan pada lingkar badan yang mengecil serta tubuh lebih padat karena body fat berkurang. Tak berhenti di situ saja, saat di rumah pun Ira tetap menggerakkan tubuhnya.

"Untuk di rumah, saya download aplikasi seperti Nike Training Center (NTC) yang bisa menjadi personal trainer via gadget. Sekarang karena TRX-nya tutup, mulai nge-gym bulan depan di fitness center," tambah wanita kelahiran 30 Januari 1979 tersebut.

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari pun dijaganya. Ia mengatur makanan dengan memperbanyak makan sayur dan buah. Selain itu, nasi putih diganti dengan oatmeal, nasi merah dan juga umbi-umbian. Ira pun juga mengurangi gorengan.

"Iya, saya mengatur makan dengan sayur dan buah, terutama untuk karbo ya. Saya juga mengganti nasi putih dengan karbo yang lebih kompleks seperti nasi merah, oatmeal dan umbi-umbian," terangnya.

Terhitung sejak tahun 2009 pasca melahirkan hingga 2013, Ira Astuti berhasil menurunkan berat badan sebanyak 10 kg, sampai saat ini berat badannya masih tetap stabil. Ia merasa cukup puas dengan hasil timbangannya saat ini, walau begitu Ira pun tetap konsisten berolahraga dan sekarang ia mengaku fokus untuk ke body fat bukan berat badan lagi.

Foto: dok. Vemale

"Ambisi saya ingin punya body fat sekitar 20%, sehingga tubuh lebih lean, kencang padat dan slim, dengan otot yang bagus, tidak bergelambir tapi juga nggak bulky kayak binaragawan. Sekarang pingin banget perut rata, trisep bisep kencang kayak Cameron Diaz, dan semua gelambir di tubuh terpangkas. Dan Insya Allah badan jadi lebih sehat kan," pungkas Ira.

"Saya ingin lebih sehat untuk anak saya. Saya ingin tetap bisa mendampinginya dalam kondisi bugar hingga dia dewasa nanti. Kalau saya sakit, nanti malah merepotkan anak, kan? Selain itu, supaya mengembalikan pede dan gampang beli baju sih," jelasnya dengan senyuman.

Baginya, semua cara memakai proses tidak ada yang instan dalam hal menurunkan berat badan. Apalagi bila niat Anda kurang dan tidak mempunyai komitmen dan konsisten yang tinggi akan bakalan gagal. Itulah prinsip Ira Astuti yang berhasil ia jalani, hingga bisa mendapatkan tubuh yang ideal.

"Yang namanya menurunkan berat badan itu hanya bisa sukses jika dilakukan secara konsisten dengan proses tersendiri. Kalo niat kurang dan gak punya komitmen dan konsistensi, ya bakal gagal," tutup Ira.

Ladies, tertarik untuk mencoba cara diet Ira? Kesehatan memang perlu jadi prioritas utama kita setiap kali memilih program diet atau penurunan berat badan. Kalau tubuh sehat, maka hidup akan terasa lebih nyaman dan kita bisa terlihat lebih cantik. So, stay healthy and be fabulous!

(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading