Sukses

Beauty

Hati-hati, Bercak Putih Pada Kulit Bisa jadi Bukan Sekedar Panu!

Kulit kita merupakan tameng utama bagi tubuh. Sebab, jika kita terkena infeksi virus, bakteri ataupun jamur, kulit kita lah yang akan pertama kali berinteraksi dengan mereka. Oleh sebab itu, kulit kita rentan mengalami masalah kesehatan dan terserang penyakit.

Salah satu jenis penyakit kulit yang cukup kronis adalah penyakit kulit psoriasis. Psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang menyebabkan timbulnya bercak gatal, bersisik, dan peradangan pada kulit. Psoriasis ini bisa muncul di bagian kulit mana saja, namun bagian kulit yang umum terkena penyakit kulit ini adalah lutut, siku, tangan, kaki, kulit kepala, dan punggung. Kulit di bawah kuku jari tangan dan kaki juga terpengaruh sekitar 50 persen kasus psoriasis aktif.

Seperti dijelaskan www.webmd.boots.com, penyebab penyakit kulit psoriasis ini belum secara pasti diketahui, tetapi kelainan pada sistem kekebalan tubuh dan faktor genetik diyakini memainkan peran kunci dalam penyakit kulit ini.

Pada orang normal, pergantian sel-sel mati untuk membentuk sel-sel kulit baru terjadi selama kurang lebih 1 bulan, sementara penderita psoriasis mengalami percepatan waktu pergantian sel-sel kulit baru tersebut. Pergantian sel-sel kulit mati dengan sel-sel kulit baru pada penderita psoriasis dapat berlangsung hanya dalam hitungan hari.

Sistem kekebalan tubuh yang rusak membuat sinyal siklus pertumbuhan dari sel-sel kulit meningkat. Akibatnya, lapisan kulit terus terbangun, membentuk serpihan kerak keputihan pada permukaan kulit.

Karena dipengaruhi oleh sistem kekebalan tubuh yang lemah inilah, psoriasis dianggap sebagai penyakit autoimun, seperti yang terjadi pada penyakit lupus eritematosus dan rheumatoid arthritis.

Gejala klasik yang dapat ditemui pada penderita psoriasis ini ini adalah peradangan kulit dengan bercak keputihan. Bercak-bercak ini disebut dengan plak psoriasis.

Jika Anda mendapati bercak putih pada kulit Anda, dan bercak itu membentuk kerak, segeralah temui dermatolog untuk mengetahui apa yang Anda alami dan mendapatkan penanganan yang tepat. So, jangan remehkan bercak putih ya, Ladies!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading