Sukses

Beauty

Pakai Korset Bisa Bikin Perut Langsing, Tetapi Amankah?

Saya paham betul perjuangan berat yang harus ditempuh wanita untuk mendapatkan tubuh langsing dan ideal. Hanya makan pada jam-jam tertentu, tidak boleh makan-makanan tertentu, atau justru hanya makan-makanan tertentu, dan giat berolahraga. Perjuangan yang sangat berat. 

Jadi rasanya sangat wajar jika Anda mendengar ada cara praktis untuk mendapatkan tubuh langsing dan perut rata tanpa harus repot-repot menahan nafsu makan dan memeras keringat dari berolahraga, mata Anda berbinar-binar seketika. Sebut saja teknik ini dengan waist training, yaitu teknik yang dilakukan dengan memakai korset, yang dipercaya dapat membentuk perut, pinggang, dan punggung Anda. Yup, mirip dengan tradisi berpakaian dari abad ke 15 lalu.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus menggunakannya dalam rentang waktu tertentu per hari. Lalu voila, tubuh Anda akan langsing dan perut pun rata. Selebriti Jessica Alba mengaku menggunakan teknik ini untuk mengembalikan tubuhnya ke bentuk semula pasca melahirkan. Tiga bersaudara Khloe dan Kim Kardashian serta Kylie Jenner juga mengunggah foto saat sedang menggunakan korset di akun Instagramnya.

Kim Kardashian, Khloe Kardashian, dan Kylie Jenner | copyright Instagram

Lalu pertanyaannya, apakah cara ini aman untuk diikuti?

Menurut marieclaire.com, jawabannya adalah tidak. Saat mengenakan korset, tulang rusuk dan paru-paru Anda akan tertekan, sehingga Anda kesulitan bernafas. Christopher Ochner, Ph.D., ahli nutrisi dan penurunan berat badan di Mount Sinai Hospital bahkan berkata bahwa sudah banyak wanita yang pingsan akibat terlalu lama mengenakan korset. Lebih bahaya lagi jika Anda menggunakannya dalam periode waktu yang lama. Mengapa? Karena terlalu sering menggunakan korset akan merusak organ dalam, menekan paru-paru, serta mematahkan tulang rusuk. Oh no!

Dan, menurut Ochner sebenarnya teknik ini tidak sepenuhnya akan berhasil jika digunakan untuk menurunkan berat badan. Anda tidak bisa mengurangi timbunan lemak dengan cara menekan satu bagian tubuh Anda. Jika Anda menekan perut, nantinya lemak-lemak perut akan kembali lagi ke tempat di mana ia berasal, tak peduli berapa lama Anda mengenakan korset. Jadi, sia-sia, bukan?

Anda mungkin masih ragu dengan bahaya ini karena nampaknya beberapa wanita tetap baik-baik saja meski memakai korset dalam waktu yang lama. Namun jika Anda ingin menurunkan berat badan, akan lebih baik jika Anda menggunakan cara lain. Misalnya beberapa tips di bawah ini.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading