Sukses

Beauty

Payudara Sering Terasa Nyeri? Kenali 4 Penyebabnya Ini

Tidak jarang, rasa nyeri sering kali terjadi di area payudara seseorang. Karena rasa nyeri ini, tidak sedikit orang yang merasa terganggu dan merasa tidak nyaman. Ketika payudara mengalami nyeri, beberapa orang bahkan berpikir bahwa ada sesuatu yang berbahaya pada payudara dan tubuhnya. Tapi, usahakan untuk tidak terlalu gegabah dan khawatir terlebih dahulu Ladies. Ada beberapa alasan dan penyebab normal kenapa payudara bisa terasa nyeri dan sakit. Dilansir dari laman webmd.com, sedikitnya ada 4 alasan umum kenapa payudara sering kali terasa nyeri dan sakit.

    Pre Menstrual Syndrome

    Penyebab paling umum kenapa payudara sering kali merasa nyeri adalah karena perubahan hormon selama menjelang datangnya waktu menstruasi (pre menstrual syndrome). Seperti dikutip dari womanshealthmag.com, seorang asisten profesor ahli kandungan bernama Shirizian, M.D., dari Icahn School of Medicine at Mount Sina, New York, mengungkapkan jika nyeri payudara menjelang menstruasi adalah nyeri yang normal dan hampir dialami oleh semua wanita.

    Ukuran Bra Tidak Sesuai Dengan Payudara

    Ketika Anda mengenakan bra yang memiliki ukuran tidak sesuai dengan besar kecil payudara, hal ini akan mendorong rasa nyeri pada payudara. Tidak jarang, seseorang akan mengenakan bra yang ketat agar ia terlihat seksi dan menarik. Padahal, ukuran bra yang terlalu kecil dan ketat bisa saja memicu rasa nyeri dan sakit pada payudara. Bra yang tidak sesuai dengan ukuran payudara juga akan membuat payudara mudah kendur dan bahkan tak cantik lagi.

    Olahraga Berat

    Apakah Anda merupakan seseorang yang suka melakukan olahraga berat seperti angkat beban atau sejenisnya? Jika iya, cobalah untuk mengurangi kesukaan terhadap olahraga ini secara bertahap. Shirizian menyebutkan jika olahraga berat adalah salah penyebab utama kenapa payudara sering kali terasa nyeri dan tidak nyaman.

    Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

    Kopi dan teh merupakan dua minuman yang mengandung kafein di dalamnya. Tahukah Anda? Penelitian terbaru mengungkap jika kafein yang terkandung di dalam kopi maupun teh bisa memicu rasa nyeri pada payudara. Meski efek kafein pada payudara tidak secara langsung bisa dirasakan, konsumsi kafein berlebih bisa memicu nyeri dan adanya benjolan pada payudara yang sering kali menimbulkan rasa sakit.

Ladies, itulah penyebab umum kenapa payudara bisa merasa nyeri dan sakit. Pada dasarnya, nyeri yang terjadi di payudara bukanlah tanda yang harus selalu diwaspadai. Namun, jika ada sesuatu yang terasa aneh pada payudara, sangat perlu bagi Anda untuk segera mencari tahu keanehan tersebut. Jika ada benjolan di payudara dan terasa sakit, segera periksakan diri ke dokter setempat. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading