Sukses

Beauty

Tips Menjaga Agar Kolesterol Tidak Naik

Kata orang, semakin tambah umur, semakin banyak penyakit yang menyerang. Salah satu penyakit berbahaya yang menyerang orang-orang dewasa adalah kolesterol tinggi. Saat Anda menderita penyakit ini, Anda tentu dibayang-bayangi untuk menjauhi makanan berminyak, lemak, serta makanan-makanan serupa yang dapat memicu kenaikan kolesterol dalam tubuh Anda. Nah, untuk mendapatkan informasi yang tepat dan akurat, simak ulasan lengkap seperti yang dilansir oleh goodhousekeeping.co.uk berikut ini yuk.

    Apa Itu Kolesterol?

    Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang dibawa dalam darah dan beredar di seluruh tubuh Anda. Sangat penting untuk memiliki kadar kolesterol yang cukup agar sistem tubuh dapat bekerja dengan baik. Namun terlalu banyak kolesterol, terutama kolesterol jahat dapat menambah risiko terserang penyakit tertentu seperti stroke, sakit jantung, dan demensia.

    Kolesterol dapat membentuk tembok dalam jaringan darah yang akan menghalangi, menghentikan, atau memperlambat aliran darah menuju jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya.

    Tips Merendahkan dan Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat

    1. Kurangi Konsumsi Makanan Yang Mengandung Lemak Jenuh
    Misalnya, makanan yang mengandung daging, sosis, daging berlemak, krim, keju, cake, biskuit, dan makanan yang mengandung minyak kelapa atau minyak palem.

    2. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Lemak Tidak Jenuh
    Ganti makanan yang telah disebutkan di poin 1 dengan makanan yang mengandung lemak tidak jenuh. Anda bisa coba mengkonsumsi ikan berlemak (makerel dan salmon), kacang-kacangan (almond dan mete), biji-bijian (biji bunga matahari dan biji labu), serta minyak sayur, minyak bunga matahari, minyak zaitun, minyak jagung, minyak kenari.

    3. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Serat
    Mengkonsumsi serat dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung. Serat-serat tertentu juga dapat merendahkan kadar kolesterol. Orang dewasa disarankan mengkonsumsi serat sebanyak 30 gram per hari. Sumber serat yang baik antara lain, roti dan sereal dari serelia utuh, buah-buahan, sayur, gandum, serta kacang-kacangan.

    4. Olahraga Teratur
    150 menit moderate aerobic setiap minggunya dapat menurunkan kadar kolesterol lho! Yang dimaksud dengan moderate aerobic adalah aerobik dengan gerakan yang mampu mempercepat laju jantung dan mampu membuat Anda berkeringat.

    5. Berhenti Merokok
    Senyawa kimia dalam rokok yang disebut dengan akrolein, dapat menghentikan 'kolesterol baik' (HDL) dari mengangkut deposit lemak ke hati, yang menyebabkan kolesterol tinggi dan penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis). Dengan kata lain, merokok dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Tips-tips tersebut tentu tidak mudah dilakukan, terutama bagi Anda yang menyukai makanan pantangan di atas. Namun demi kesehatan yang berharga, Anda pasti bisa melakukannya. Semangat Ladies, yuk hidup sehat!

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading