Sukses

Beauty

5 Kesalahan Yang Membuat Sayuran Anda Kurang Sehat

Memulai hidup sehat dengan memperbanyak sayur dan buah adalah cara yang tepat menjaga tubuh. Namun sayuran yang Anda beli bisa saja jadi kurang sehat karena beberapa kesalahan yang biasa Anda lakukan.

Dilansir dari idiva.com, cara Anda menyimpan sayuran, memasak, mencuci atau membersihkan sayuran lah yang perlu diperhatikan. Jangan sampai beberapa kesalahan berikut menjadikan sayuran yang akan Anda makan jadi kurang sehat.

    Selalu membeli sayuran dalam jumlah banyak

    Bagus sekali jika Anda ingin membeli semua sayuran segar, tapi sebaiknya membeli dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Sayuran segar mudah sekali busuk. Sayuran segar akan kehilangan banyak nutrisi jika disimpan terlalu lama. Jadi, daripada menimbun sayuran di kulkas yang sudah kehilangan nutrisi, lebih baik beli sedikit saja.

    Tidak mencuci sayuran dengan bersih

    Bukan suatu hal baru lagi jika sayuran sekarang tak bisa lepas dari pestisida dan berbagai bahan kimia saat proses penanaman, oleh karena itu perlu dicuci hingga bersih. Anda perlu mencuci sayuran hingga terendam semua bagian sayuran. Bersihkan di dalam air, kemudian cuci dengan air mengalir. Jika perlu rendam sebentar dengan air garam agar kotoran di sela-sela sayuran bisa luruh.

    Terlalu lama memasak sayuran

    Ini adalah kesalahan paling sering terjadi. Memasak sayuran terlalu lama akan menghilangkan nutrisinya. Masak sayuran tidak lebih dari 2 menit. Risiko memasak sayuran terlalu matang biasanya terjadi saat memasak sup dan berbagai macam makanan berkuah.

    Hanya makan sayuran mentah

    Nutrisi sayuran yang lengkap memang saat sayuran masih segar, tapi bukan berarti semua sayuran bisa dimakan saat mentah. Beberapa sayur baik dimakan mentah, beberapa sebaiknya dimasak. Diet raw vegetable mungkin bagus, tapi alangkah baiknya jika menghindari sakit perut karena makan sayuran mentah.

    Lebih suka menjadikan sayuran sebagai jus

    Menjadikan sayuran sebagai jus yang langsung diminum memang mempermudah konsumsi sayuran segar tapi Anda kehilangan serat dari sayuran karena sudah dihaluskan. Jika ingin jus sayuran, cukup sesekali saja.

Nah, itu dia beberapa kesalahan mengonsumsi sayuran yang sebaiknya Anda hindari mulai sekarang Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading