Sukses

Food

4 Manfaat Mengonsumsi Ceker untuk Kesehatan Tubuh

Makanan olahan dari ceker ayam sangat beragam, dan menjadi trend sendiri di Indonesia. Mulai diolah menjadi makanan pedas, keripik hingga bakso. Meski ceker ayam memiliki daging sedikit dan bisa jadi tidak ada dagingnya sama sekali, ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan seperti yang dilansir thealthbenefitsof.com yaitu:

 

1. Kolagen

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Hewan Chung-Hsing University di Taiwan, terungkap bahwa cakar ayam mengandung kolagen yang sangat tinggi. Bahkan tingkat kolagen alami di ceker ayam mirip dengan kolagen yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau dan buah-buahan. Kolagen adalah salah satu zat tertentu yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. Manfaat kolagen yang terkandung dalam ceker ayam sangat banyak.

2. Mengurangi resiko tulang rapuh

Penyakit nyeri sendi dan tulang rapuh biasanya terjadi pada orang tua. Penyebabnya adalah tubuh tidak bisa mendapatkan kalsium dan tulang tidak mampu menyerap kalsium dengan baik. Ceker ayam kaya akan protein, kalsium, tulang rawan dan kolagen dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Nutrisi ini sangat penting untuk memperkuat struktur tulang dan dapat mencegah keropos tulang pada usia lanjut.

3. Menyembuhkan cedera 

Ceker ayam mengandung zat gizi seperti protein dan kalsium. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk membantu regenerasi saraf, otot dan tulang manusia. Penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa nutrisi tersebut dapat membantu menyembuhkan cedera.

4. Menjaga Kesehatan Kuku

Ceker ayam mengandung asam amino, kolagen, glisin, hidroksipolin, dan prolin yang dapat membantu menjaga kesehatan kuku. Ketika dimasak ceker ayam biasanya akan mengeluarkan cairan khusus atau gel yang mengandung gelatin. Nutrisi inilah yang membantu tubuh untuk memproses kalsium yang diserap oleh kuku.

Itulah beberapa manfaat dari ceker ayam. Banyak manfaat dari mengonsumsi ceker ayam, seperti membentuk probiotik alami yang bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading