Sukses

Parenting

Daun Pepaya Meski Pahit Banyak Manfaatnya

Jika Anda gemar mengonsumsi buah pepaya, tentu tidak asing dengan sayur daun pepaya. Benar sekali, daun pepaya muda dapat dibuat sayur meski pahit jika Anda dapat mengolahnya dengan benar maka rasanya sangat nikmat. Kandungan gizi dan nutrisi pada daun pepaya membuat daun ini kaya manfaat untuk kesehatan seperti yang dikutip dalam thealthbenefitsof.com berikut:

    Anti-kanker

    Daun pepaya rasanya pahit, tetapi manfaat yang sangat besar. Daun pepaya memiliki sifat anti-kanker. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Ethnopharmacology, menjelaskan bahwa jus daun pepaya dapat melawan kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai jenis kanker. Seperti kanker serviks, kanker payudara, kanker pankreas, kanker hati, kanker paru-paru. Daun pepaya sangat bagus untuk mengusir sel-sel kanker dalam tubuh.

    Menghambat pertumbuhan bakteri. 

    Daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri dan berbagai bentuk sel-sel kanker.Manfaat kesehatan dari daun pepaya juga dapat menjaga usus. Tannin yang terkandung dalam daun pepaya dapat mencegah pertumbuhan cacing dan mencegah cacing menempel di dinding usus.

    Meningkatkan Kekebalan Tubuh

    Manfaat kesehatan lain dari daun pepaya adalah sebagai obat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jus daun pepaya dapat melawan virus flu, pun membantu tubuh untuk meregenerasi sel-sel darah putih dan trombosit dalam tubuh secara alami.

    Obat Anti Malaria 

    Daun pepaya juga dikenal sebagai daun anti-malaria. Manfaat daun pepaya sangat efektif dalam mencegah malaria. Rasa pahit daun pepaya akan cepat mengusir malaria. Jika Anda diserang malaria, ambil beberapa pepaya dan buat jus.

    Pencegahan Demam Berdarah

    Daun pepaya memiliki manfaat untuk mencegah demam berdarah, enzim papain yang terkandung dalam daun pepaya berguna untuk meningkatkan trombosit. Anda dapat menggunakan jus daun pepaya untuk meningkatkan trombosit pada penderita demam berdarah.

Demikian 5 manfaat daun pepaya untuk kesehatan Anda. Meski rasanya pahit, daun pepaya sangat banyak manfaatnya untuk Anda. Jika Anda berniat menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya, rebus daun pepaya dengan daun jambu biji dan garam, maka rasa pahitnya akan berkurang. Selamat mencoba.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading