Sukses

Beauty

Kebiasaan Minum Air Putih Saat Bangun Pagi, Benarkah Menyehatkan?

Hidup sehat bisa dimulai dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana. Bahkan tak perlu keluar banyak uang untuk bisa menjalani gaya hidup sehat. Salah satu kebiasaan sederhana dan bisa membantu Anda menjaga kesehatan tubuh adalah minum air putih sesaat setelah bangun tidur di pagi hari. Hmm, kira-kira apa saja ya manfaat yang bisa kita dapat?

Dilansir dari beautytips4her.com, mengawali hari dengan segelas air hangat bisa memberi banyak manfaat. Bahkan bisa mencegah sejumlah penyakit seperti penyakit jantung, obesitas, penyakit ginjal, diabetes, konstipasi, sakit kepala, dan pegal-pegal. Wah, banyak sekali ya manfaatnya.

700 cc Air Putih Setiap Pagi

Ketika bangun tidur di pagi hari, minumlah air putih sekitar 700 cc. Terlalu berat untuk minum air dalam jumlah banyak sekaligus? Anda bisa memulainya dengan minum air putih semampu Anda. Kemudian baru tingkatkan jumlahnya saat Anda sudah mulai terbiasa.

Setelah minum air putih, sebaiknya tidak makan atau minum apa-apa lagi selama 20-30 menit ke depan. Isilah waktu tersebut dengan mandi, menggosok gigi, atau aktivitas ringan lainnya. Setelah sarapan pagi, jangan makan atau minum apa-apa lagi selama dua jam ke depan.

Kebiasaan Sederhana untuk Mengatasi dan Mencegah Penyakit

Penelitian menunjukkan kalau kebiasaan ini bisa membantu mengatasi penyakit tertentu. Misalnya, membiasakan minum air putih hangat di pagi hari selama 10 hari bisa mengatasi masalah lambung dan konstipasi. Masalah tekanan darah tinggi dan diabetes pun bisa diatasi dengan kebiasaan minum air putih selama 30 hari. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika mengidap penyakit parah atau kronis sebelum melakukan kebiasaan ini.

Adakah Efek Sampingnya?

Saat awal-awal memulai, Anda mungkin akan buang air kecil lebih sering dari biasanya. Umumnya tak ada efek samping berbahaya dari kebiasaan minum air putih di pagi hari ini.

Tertarik untuk mulai membiasakan diri minum air putih hangat di pagi hari? Semoga info ini bermanfaat, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading