Sukses

Beauty

Kram Perut Menyiksa Saat Haid, Ini 4 Cara Mudah Mengatasinya

Aduh, nyeri saat haid atau mengalami kram perut ketika datang bulan memang benar-benar menyiksa. Melakukan aktivitas jadi terganggu dan rasanya hanya ingin berbaring di tempat tidur saja. Tapi kalau dibiarkan begitu saja, rasa sakitnya bisa makin parah dan kita jadi tak bisa melakukan apa-apa.

Ladies, sebelum mengonsumsi obat, ada baiknya kita mencoba cara-cara yang lebih alami. Dilansir dari medicaldaily.com, ada setidaknya empat cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi kram perut yang menyiksa. Anda bisa memilih cara yang paling pas dan cocok untuk Anda. Yuk, simak info lengkapnya di bawah ini.

Olahraga Ringan
Coba deh lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki. Atau mungkin mau olahraga aerobik sekalian? Saat kita menggerakkan tubuh kita, darah akan mengalir lebih lancar. Dan hormon endorfin bisa bekerja menekan prostaglandin sehingga bisa mengurangi sakit kram perut yang Anda rasakan.

Kompres Hangat
Rilekskan otot-otot di bagian uterus dengan kompres hangat. Anda bisa menggunakan kompres khusus untuk mengatasi nyeri haid. Atau Anda bisa coba cara yang lebih mudah dengan mengisi botol plastik dengan air hangat. Kemudian kompres bagian perut yang kram dengan botol berisi air hangat tersebut.

Minum Teh Chamomile
Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agriculture and Chemistry menemukan bahwa ada kandungan yang bisa meredakan nyeri di teh chamomile ini. “Penelitian ini merupakan salah satu penelitian yang makin banyak dilakukan yang membuktikan bahwa biasanya produk alami yang sering digunakan mengandung senyawa yang memiliki kandungan obat,” kata Elaine Holmes, Ph.D., ahli kimia Imperial College of London. Ladies, Anda bisa coba untuk menikmati segelas teh chamomile hangat ketika kram perut terasa sangat menyiksa.

Akupuntur
Nah buat Anda yang tak takut dengan jarum, bisa coba cara yang satu ini. Anda bisa dapatkan terapi akupuntur untuk mengatasi nyeri haid yang menyiksa. Para peneliti dari Oriental Hospital di Kyung Hee University Medical Center di Korea Selatan menemukan bahwa akupuntur bisa memberi efek positif pada penderita kram perut karena haid. Hasil penelitian ini didapat dari 10 kali uji coba pada 944 pasien.

Selain cara-cara di atas, Anda bisa coba untuk memberi tubuh Anda waktu untuk lebih banyak beristirahat. Buat tubuh Anda lebih rileks dan tenang. Nanti rasa nyeri bisa hilang dengan sendirinya.

Jika kram perut saat haid terasa lebih  hebat dari biasanya dan tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter, ya Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading