Sukses

Parenting

Tips Praktis Menghadapi dan Mengatasi Flu Yang Mengganggu

Umumnya, orang dewasa mengalami flu empat kali setiap tahunnya. Artinya ada sekitar tiga minggu waktu dalam setahun manusia dalam keadaan tidak begitu produktif dan bisa berdampak terhadap efektifitas kerja. Belum lagi jika si kecil tertular.

Umumnya flu bisa enam sampai delapan kali setahun untuk anak-anak, yang membuat satu bulan dalam setahun buah hati Anda sakit dan tentunya berdampak terhadap kualitas belajarnya di sekolah.

Menurut dokter Eveline dari Interbat, mengungkapkan bahwa flu dapat ditularkan secara langsung dan tidak langsung. Secara langsung artinya partikel flu yang keluar dari seorang penderita flu dapat terhirup orang lain lewat hidung atau mulut.

"Sedangkan secara tidak langsung seseorang yang belum flu menyentuh benda-benda yang sudah terkontaminasi oleh partikel flu, lalu menyentuh hidung atau mulut mereka," kata Eveline saat ditemui di acara peluncuran Spartan di kawasan Senayan Jakarta Pusat Kamis 6 Agustus 2015.

copyright by Vemale.com

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, proses terjangkitnya penyakit flu, ketika virus terhirup, akan mendiami sel pada tenggorokan dan mulai berkembang biak. Hal ini lah yang menyebabkan infeksi, namun daya tahan tubuh dirancang secara alami untuk menghentikan infeksi.

"Yang akan menentukan apakah seseorang akan jatuh sakit atau tidak ialah daya tahan tubuhnya dan jumlah virus yang berhasil memasuki sel. Karena ada milyaran virus flu," jelasnya.

Berikut ini saran dari dokter Eveline untuk menghadapi flu:

  1. Menjalani pola hidup sehat
  2. Makan dan minum serta istirahat yang cukup
  3. Minum vitamin
  4. Memakai produk yang sesuai untuk langkah preventif berbahan alami, aman dan teruji efektivitasnya.

Virus flu dapat bertahan di dalam ruangan tertutup selama 48 jam, hal ini lah yang membuat keadaan bahwa flu dapat cepat menular ke orang lain. Indonesia adalah negara tropis dan flu dapat menyebar di mana saja. Hal ini sangat rentan ketika Anda berada dalam situasi atau tempat yang banyak dikunjungi orang, apalagi di dalam ruangan tertutup.

"Ketika seseorang bersin, maka akan mengeluarkan sekitar 40 ribu butir partikel flu dengan kecepatan 250 km per jam. Flu sangat rentan sekali. Apalagi saat berada di tempat umum dan ruangan yang tertutup seperti di terminal dan dalam pesawat sangat rentan untuk tertular flu," kata Eveline di kawasan Jakarta Kamis 6 Agustus 2015.

"Kalau bicara flu infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan, dimulai dari hidung, mulut dan berakhir di tenggorokan. Dan flu paling umum dan paling banyak di negara kita, negara yang tropis," tegasnya.

Well bila sudah terasa gejala awal flu atau menghindari terjadinya flu, jangan lupa ya Ladies untuk mencoba saran dari dokter Eveline di atas.

(vem/yun/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading