Sukses

Beauty

Tidak Hanya Gigi, Gusi Juga Perlu Dijaga Kesehatannya

Ladies pernahkah Anda merawat gigi sekaligus gusi? Mungkin kebanyakan dari Anda hanya memperhatikan kebersihan gigi saja, tidak menyadari bahwa kebersihan gusi juga sangat penting.

Sama seperti bagian tubuh lainnya, jika tidak dirawat dengan baik gusi dapat mengalami masalah. Bila gusi sampai meradang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, misalnya stroke. Hal tersebut membuktikan bahwa gusi lebih penting daripada gigi.

Menurut Prof. Dr. Drg. Tri Erri Astoeti, Mkes‎, jaringan yang menjaga gigi dan sebagai penyanggah ialah gusi, saat gusi meradang, kuman-kuman pun akan masuk ke aliran darah.

Prof. Dr. Drg. Tri Erri Astoeti, Mkes‎ | Foto: copyright vemale.com

"Kita tidak menyadari bahwa gigi dan mulut adalah potensi untuk munculnya berbagai penyakit‎. Selama ini kita hanya pelihara gigi saja, padahal ada gusi. Saat gusi meradang, maka kuman-kuman masuk ke aliran darah dan tubuh kita. Kalau orang diabetes akan mudah terkena," pungkas Prof. Dr. Drg. Tri Erri Astoeti, Mkes‎ saat ditemui dalam acara Listerine di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue Jakarta Selatan pada hari Selasa 28 Juli 2015.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, bila orang yang sudah menderita diabetes bisa tiga kali akan lebih parah lagi. Tapi, kalau ada penyakit gusi, arahnya memang akan ke sana. Selain ‎gusi, hal lain yang perlu diperhatikan adalah gigi berlubang. Bagi Tri Erri, masalah tersebut jika dibiarkan akan berdampak untuk munculnya penyakit lain.

"Kayak gigi berlubang, banyak yang cuek. Padahal, di situ ada syaraf dan akar. Dari situlah penyakit-penyakit sistemik didapat," tutupnya.

Nah Ladies, mengerikan bukan jika gusi Anda mengalami masalah. Sebelum terlambat, sebaiknya Anda mulai untuk memperhatikan dan merawat gusi Anda ya!

(vem/yun/hws)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading