Sukses

Beauty

4 Jenis Susu Sapi Yang Baik dan Buruk Untuk Jantung Anda

Ada banyak jenis susu yang dijual di pasaran. Bukan hanya sebatas susu sapi dan susu kedelai saja. Bahkan santan juga termasuk dalam jenis susu lho, dan beberapa jenis susu ada yang baik dan buruk untuk kesehatan jantung Anda.Seperti dikutip dari everydayhealth.com, berikut ini sekian jenis susu yang baik dan buruk untuk jantung Anda.

 

Susu murni/biasa

Susu ini banyak dijual di peternakan karena langsung diambil dari sapi perah dan sudah dimasak. Memiliki kandungan susu paling lengkap dengan kadar lemak dan kolesterol yang juga lebih tinggi daripada susu olahan lainnya.Nutrisi seperti protein, vitamin dan mineralnya memang baik untuk tubuh dan jantung, namun sebaiknya tidak sering diminum karena bisa menyebabkan kegemukan dan naiknya kadar kolesterol.

Susu sapi organik

Susu sapi organik berbeda dengan susu sapi biasa karena memiliki lebih sedikit kalori dan lemak jenuh dengan jumlah kolesterol yang aman. Sumber protein, vitamin dan mineral terutama kalsium, yang hampir sama dengan susu sapi biasa. Bedanya, selain jumlah lemak, kandungan anti-inflamasi dan asam lemak omega-3 susu sapi organik juga lebih tinggi, yang mana bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Susu sapi mentah

Susu ini memiliki kandungan yang sama dengan susu sapi yang sudah dimasak, namun ibu hamil dan anak-anak sebaiknya tidak minum jenis susu sapi ini karena kemungkinan besar mengandung bakteri yang bisa menyebabkan penyakit seperti Salmonella, Listeria, and E. coli.

Susu sapi rendah lemak

Susu sapi yang dijual dengan label low-fat memang memiliki lemak dan kalori yang lebih sedikit, itu sebabnya susu jenis ini tidak begitu kental dan manis saat diminum. Ini juga yang menjadi alasan susu rendah lemak lebih aman diminum untuk kesehatan jantung. Kelemahannya, karena lemak susu dikurangi, akibatnya beberapa nutrisi yang ada di dalam susu juga berkurang.

Nah, jadi tahu kan susu mana yang baik dan buruk untuk jantung Anda? Anda tetap bisa minum setiap jenis susu sapi, namun perhatikan porsinya ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading