Sukses

Parenting

Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil Sebelum dan Selama Mudik Lebaran

Bagi orang dewasa, melakukan perjalanan jauh sudah menjadi hal biasa. Tidak seperti orang dewasa, anak-anak lebih rentan capek dan sakit saat melakukan perjalanan jauh, seperti misalnya travelling atau mudik. Tradisi mudik ini memang menjadi hal yang hanya dilakukan setahun sekali, namun perlu persiapan matang sebelum berangkat, terutama jika membawa buah hati yang masih kecil.

Nah, untuk mengatasi hal ini, seperti dikutip dari thefinder.com.sg, ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk menjaga kesehatan si kecil sebelum dan selama perjalanan mudik, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

    Pastikan si kecil sehat

    Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan kondisi kesehatan anak tidak sedang sakit. Bahkan flu dan batuk saja bisa menjadi hal yang sangat melelahkan dan menyiksa bagi si kecil. Periksakan ke dokter jika perlu dan pastikan bahwa anak sudah melakukan vaksinasi yang membuat daya tahan tubuhnya kuat sehingga tidak terserang penyakit yang tidak diinginkan.

    Persiapkan P3K

    Jangan lupa membawa berbagai obat untuk berjaga-jaga si kecil mengalami gangguan di perjalanan seperti misalnya minyak kayu putih, plester demam, plester luka, obat diare, obat anti mabuk dan lain sebagainya. Akan lebih penting lagi membawa obat-obatan yang biasa digunakan si kecil jika ia punya asma atau alergi tertentu.

    Buat si kecil senyaman mungkin

    Packing pakaian yang nyaman untuk anak. Jangan paksa anak memakai pakaian yang tidak membuatnya nyaman meski bagus dan enak dilihat. Peluk ia saat tidur dalam perjalanan, ini akan membuatnya “feels like home”. Jika anak sering bermasalah dengan buang air kecil, bawa pampers atau celana dalam lebih. Dan pastikan membawa tisu basah atau hand sanitizer ketika dibutuhkan.

    Istirahat yang cukup

    Sebelum melakukan perjalanan, pastikan anak mendapatkan waktu tidur yang cukup sehingga anak tidak rewel saat di perjalanan. Pastikan pula ia makan dengan benar dan mendapatkan cukup nutrisi sehingga lebih kuat dan tidak mudah sakit saat perjalanan.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa diterapkan saat Anda mudik dengan si kecil. Semoga mudik Anda menyenangkan dan sampai dengan selamat sampai tujuan ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading