Sukses

Beauty

Ups, Ternyata Ini 5 Makanan Yang Bisa Merusak Kulit

Indonesia dikenal sebagai negara tropis karena mendapat sinar matahari yang cukup setiap harinya, bahkan seringkali terasa sangat panas pada waktu-waktu tertentu. Tidak heran jika kemudian para pengendara sepeda motor memutuskan untuk memakai baju tebal dan tertutup untuk melindungi kulit mereka.

Namun bukan hanya sinar matahari saja yang bisa membahayakan kulit , beberapa jenis makanan pun juga bisa merusak kulit. Seperti dikutip dari healthmeup.com, beberapa makanan memberi pengaruh buruk dan bisa mempercepat penuaan dini pada kulit. Berikut ini daftarnya.

    Makanan asin

    Makanan yang terlalu asin bisa membuat kulit kering dan wajah tampak membengkak. Efek bengkak lebih terlihat saat bangun tidur. Makanan asin membuat Anda dehidrasi, cepat merasa haus dan mengentalkan darah sehingga sulit menyuplai oksigen ke kulit.

    Makanan manis

    Bukan hanya yang terlalu asin, yang terlalu manis juga mempercepat penuaan pada kulit. Terlalu banyak gula di tubuh bukan hanya bisa menimbulkan diabetes, tapi juga membuat kulit tampak lebih tua dan kusam. Baik gula biasa maupun gula buatan, sama-sama buruk untuk kulit.

    Kafein

    Kafein dikenal sebagai stimulan yang bisa meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh dan mempercepat proses penuaan pada kulit seperti keriput dan garis halus. Makanan dan minuman berkafein membuat tubuh dehidrasi, dan kurangnya air di tubuh bisa mempercepat timbulnya keriput di kulit.

    Makanan dan minuman berpengawet

    Saat ini banyak sekali makanan instan dan kemasan yang dijual di minimarket atau toko-toko makanan. Sayangnya, meski memang rasanya enak, tapi bisa mempercepat timbulnya keriput wajah. Alasannya tidak lain karena makanan tersebut mengandung gula berlebih atau garam berlebih, dan bahan kimia lainnya.

    Alkohol

    Ini jenis minuman yang tak memiliki manfaat sedikit pun untuk tubuh, tak terkecuali kulit. Karena alkohol bisa menyebabkan dehidrasi dan ketergantungan, mengacaukan sistem tubuh dan memiliki kadar gula tinggi. Alkohol bisa membuat orang stres dan mengalami penuaan lebih cepat.

Saat ini sudah banyak orang yang semakin sadar pentingnya menjaga kesehatan tubuh , tidak terkecuali kesehatan kulit, dan menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi sayur dan buah. Jadi jika ingin tubuh dan kulit sehat, hindari sekian jenis makanan di atas ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading