Sukses

Beauty

Minum Air Bisa Cegah Kulit Kering, Benarkah?

Ada banyak alasan Anda membutuhkan air. Anda bahkan tidak akan bisa hidup sehari tanpa minum air sekali pun. Bukan hanya untuk mandi dan membersihkan diri saja, air memegang peranan penting dalam tubuh, seperti misalnya menjaga suhu tubuh, melancarkan pencernaan dan proses pembuangan zat sisa, dan menjaga organ tubuh berfungsi secara optimal.

Air digunakan tubuh untuk menjaga kelembaban atau mencegah dehidrasi, namun seperti dikutip dari realsimple.com, bukan berarti Anda bisa menyelesaikan masalah kulit kering dengan minum banyak air. Air akan masuk ke dalam sistem pencernaan, bukan mengalir ke kulit. Anda bukan tanaman, Ladies.

Air yang masuk ke dalam sistem pencernaan akan diserap dan dialirkan ke dalam aliran darah dan dikeluarkan lagi melalui ginjal untuk membuang zat sisa yang dibawa darah. Apa pun tipe kulit Anda, baik itu berminyak, normal, kombinasi, atau kering, dipengaruhi oleh gen yang Anda miliki.  

Kelembaban alami kulit Anda bergantung pada pelindung kulit bernama lipid pada kulit Anda. Lapisan lipid ini akan menjaga kelembaban kulit atau menjaga kulit dari iritasi, kuman dan lain sebagainya. Untuk menjaga kelembaban kulit atau mengatasi kulit kering, beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah meminimalisasi kemungkinan-kemungkinan berikut ini.

  • Kulit terpapar matahari sehingga mudah menguap
  • Ruangan ber-AC yang terlalu lama
  • Angin kencang dan kering
  • Minum minuman beralkohol
  • Terlalu lama berendam atau mandi
  • Menggunakan sabun mandi yang tidak membuat kulit kering

Mengatur pola makan juga akan memengaruhi kelembaban dan kekuatan kulit, seperti misalnya konsumsi sayuran, buah, minyak zaitun, kacang kenari dan lain sebagainya. Jangan lupa juga lebih sering memakai lotion untuk menjaga kelembaban kulit, ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading