Sukses

Beauty

Ini 4 Alasan Wanita Menua Dengan Cara Dan Waktu Yang Berbeda-Beda

Ada banyak perbedaan antara pria dan wanita saat mengalami penuaan. Bahkan satu wanita dengan wanita lain pun bisa mengalami hal berbeda saat mengalami penuaan. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor sehingga setiap wanita bisa mengalami lebih cepat atau lebih lambat dalam hal penuaan.

Dilansir dari idiva.com, wanita memiliki lebih banyak hal unik di dalam tubuhnya yang tidak dimiliki pria, dan sekian hal inilah yang memengaruhi proses penuaan wanita.

    Hormon

    Perubahan hormon terjadi baik pada pria maupun wanita, tapi perubahan itu lebih terlihat pada wanita dan seringkali bermasalah. Sejak pubertas, menstruasi, hamil hingga menopause, wanita harus melalui perubahan hormon di dalam hidupnya. Setiap wanita mengalami fluktuasi hormon yang signifikan namun bisa berbeda-beda, dan hal ini pula lah yang membedakan waktu penuaan pada setiap wanita.

    Berat badan

    Wanita seringkali bermasalah dengan berat badan dan hal ini pula yang menjadi faktor pembeda bagaimana wanita mengalami penuaan. Mereka yang tidak menjaga pola makan dan membiarkan diri mereka kegemukan atau obesitas akan mengalami lebih banyak masalah kesehatan dan harapan hidup lebih pendek daripada mereka yang olahraga dan menjaga berat badan ideal.

    Gaya hidup

    Gaya hidup juga memengaruhi apakah Anda akan menua dengan cepat atau tidak. Kebiasaan buruk seperti sering begadang, keluar malam, minum alkohol, merokok dan lain sebagainya akan lebih cepat merusak tubuh dan memperpendek umur. Bahkan sering keluar rumah tapa menggunakan suncreen juga bisa merusak kulit lebih cepat.

    Lingkungan

    Pengaruh lingkungan juga memegang peran penuaan dini. Jika lingkungan Anda tidak terbiasa menjaga kebersihan, membiasakan diri olahraga atau lain sebagainya. Jika teman-teman Anda suka makan, Anda pasti akan ikut-ikutan. Atau misalnya pasangan Anda merokok, Anda ikut menjadi perokok pasif yang juga merusak kesehatan.

Empat hal itulah yang menjadi faktor pembeda penuaan yang dialami para wanita. Beberapa hal bahkan tidak bisa dihindari dan terjadi secara alami karena pengaruh genetik. Namun menjaga hidup sehat akan bisa memberi Anda peluang tidak mengalami penuaan lebih cepat.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading