Sukses

Beauty

Serba-Serbi Kombucha (Jamur Teh) dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Apa kombucha?

Seperti yang dilansir oleh washingtonpost.com, kombucha adalah fermentasi teh yang dibuat dengan menambahkan kultur bakteri dan ragi ke dalam larutan teh, gula dan kadang-kadang jus buah dan perasa lainnya. Ini sering disebut sebagai "jamur teh" karena selama proses pembuatan, bakteri dan ragi tumbuh menyerupai topi jamur.
Kombucha adalah sangat asam, mengandung gula, vitamin B dan antioksidan, serta beberapa alkohol yang dihasilkan dari proses fermentasi. Ini memiliki sekitar 30 kalori per delapan ons (terutama dari gula), yang jauh lebih kecil dari minuman ringan lainnya. Kombucha telah disebut-sebut sebagai obat mujarab ajaib, menyembuhkan segala sesuatu dari masalah pencernaan radang sendi dan kanker, tetapi juga telah difitnah sebagai minuman beralkohol berpotensi beracun. Seperti kebanyakan hal, kebenaran itu terletak di tengah.


Sebagian besar orang meragukan tentang manfaat kombucha. Tetapi beberapa manfaat kesehatan itu mungkin karena kombucha, ketika mentah atau dipasteurisasi, kaya probiotik, bakteri usus yang baik (seperti yang ada di yogurt) yang telah terbukti untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.


Sisi negatifnya adalah bahwa probiotik kombucha ini tidak bertahan dengan proses pasteurisasi, dan minuman yang tidak dipasteurisasi jika tidak diproduksi dalam kondisi sanitasi dapat menimbulkan ancaman keamanan pangan, terutama bagi mereka yang sedang hamil atau mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah. Beberapa efek samping yang dilaporkan dari konsumsi kombucha berlebihan atau yang terkontaminasi termasuk sakit perut, asidosis, reaksi alergi terhadap cetakan yang dapat mengembangkan selama fermentasi, dan toksisitas dari logam berat dari rumah-pembuatan bir dalam pot keramik.


Mengenai kandungan alkohol, pemerintah mensyaratkan bahwa minuman harus memiliki kurang dari 0,5 persen alkohol jika untuk dijual sebagai minuman non-alkohol.


Ladies, kombucha bukanlah ramuan ajaib, tetapi merupakan, minuman beraroma yang memiliki potensi menyehatkan dengan kadar gula dan kalori yang rendah. Seperti halnya makanan atau minuman, adalah bijaksana untuk tidak berlebihan tapi untuk menikmatinya di moderasi. Minumlah kombucha buatan sendiri atau dari botol yang Anda tahu reputasinya.


 

(vem/hws)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading