Sukses

Beauty

Bagaimana Stress Mempengaruhi Siklus Menstruasi?

Setiap orang pasti pernah menghadapi keadaan atau situasi yang membuat dirinya stres, namun tahukah Anda bahwa stres yang Anda alami mampu mengganggu menstruasi Anda menjadi tidak teratur? Ada banyak faktor yang mempengaruhi siklus menstruasi dan stres adalah salah satunya. Hormon stres akan menekan fungsi normal dari hipotalamus. Hal ini akan mempengaruhi fungsi kelenjar-kelenjar di tubuh. Karena menstruasi dipengaruhi oleh kelenjar tersebut, maka akan timbul masalah menstruasi. Berikut adalah bagaimana stres mempengaruhi menstruasi Anda seperti yang dilansir oleh boldsky.com

 

  • Amenore Sekunder. Ini adalah keadaan tidak terjadinya haid selama 3 siklus. atau 6 siklus setelah sebelumnya mengalami siklus haid seperti biasa. Ketidakseimbangan hormon kronis yang menyebabkannya.

 

  • Terlambat datang bulan. Hal ini adalah sangat umum di kalangan wanita, terutama mereka yang sedang stres. Keterlambatan ini akan mempengaruhi siklus Anda.

 

  • Siklus panjang. Sebuah siklus menstruasi 28 hari dianggap sebagai durasi normal. Tapi, ada kasus ketika interval antara dua siklus menjadi terlalu panjang. Hal ini terjadi karena efek dari perubahan hormonal. Stres bertindak sebagai salah satu alasan utama untuk siklus yang panjang.

 

  • Disfungsi ovarium. Tindakan abnormal hormon pada akhirnya akan menyebabkan disfungsi ovarium. Hal ini akan menyebabkan masalah ovulasi dan masalah reproduksi. Kortisol memberikan sinyal ke otak untuk menghentikan produksi pada hormon wanita. Ini adalah alasan mengapa para ahli di lapangan menunjukkan perempuan untuk berlatih teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi.

 

  • Pendarahan yang tidak normal. Stres dapat menyebabkan pendarahan abnormal berat atau pendarahan hanya sedikit tergantung pada jenis perubahan hormonal. Hal ini juga dapat menyebabkan Anda mengalami pendarahan sebelum tanggal seharusnya menstruasi Anda. Hormon stres dapat mempengaruhi hormon reproduksi Anda dan pada kasus yang berat, ini bahkan dapat menyebabkan anemia karena kehilangan darah berlebihan.

 

  • PMS yang lebih parah. Gejala pramenstruasi yang umum bagi banyak perempuan. Tapi stres dapat meningkatkan intensitas PMS Anda. Mengelola stres akan membantu Anda untuk mengontrol PMS

 

Ladies, itulah bagaimana stres mampu mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda. Jadi mengelola stres dapat membuat Anda jauh hidup lebih sehat.

 

 

 

 

 

 

 

 

(vem/hws)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading