Sukses

Beauty

Kondisi Bibir Bisa Mengungkapkan Anda Sedang Sakit Atau Tidak

Bicara tentang bibir, warna lipstik yang Anda pakai mungkin bisa menentukan kepribadian Anda, atau jenis style yang Anda suka. Tapi bukan hanya itu yang bisa ditunjukkan oleh bibir Anda. Bibir Anda bisa juga "memberitahu" Anda bahwa ada masalah pada kesehatan Anda, seperti yang dilansir oleh Marieclaire.com. Wah, seperti apa ya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

    Kering dan Pecah-Pecah

    Dehidrasi, itu yang coba dikatakan oleh bibir Anda. Daripada terus-terusan mengoleskan lip balm pada bibir Anda, yang tidak sepenuhnya memulihkan bibir Anda, akan lebih baik jika Anda memperbanyak konsumsi air putih. Menjilat bibir malah akan membuat bibir Anda semakin kering.

    Retak di Bagian Tepi

    Bisa jadi itu karena infeksi, yang disebabkan oleh liur saat Anda tidur. Mudah disembuhkan kok Ladies, tapi jangan lupa minta bantuan dokter ya.

    Berubah Warna

    Hal ini bisa disebabkan oleh masalah sepele (Anda makan permen) hingga masalah serius (berhubungan dengan penyakit hati). Konsultasikan dengan dokter terkait perubahan warna bibir Anda, bisa disebabkan oleh rokok, atau penyebab lain.

    Bengkak

    Bibir bengkak adalah salah satu dampak dari alergi. Jika Anda mengalami bibir dan lidah bengkak, bibir seperti terbakar, kulit gatal-gatal, serta tenggorokan gatal, segeralah menemui dokter terdekat. Itu adalah reaksi tubuh Anda jika Anda memakan atau bersentuhan dengan benda yang berbahaya bagi tubuh Anda.

    Pucat

    Kurang sinar matahari bisa jadi penyebabnya. Keluarlah sebentar, dan berjalan di bawah sinar matahari (jangan lupa pakai sunscreen). Atau hubungi dokter Anda, karena itu juga ciri-ciri dari gejala anemia atau kanker.

    Lunak dan Rapuh

    Bibir Anda sensitif terhadap sentuhan dan berwarna pink di bagian pinggir? Sensitif, atau lunak dan rapuh merupakan tanda dari alergi. Sedangkan warna bibir yang menjadi lebih pink atau merah adalah tanda jika bibir Anda tidak bisa beradaptasi dengan sesuatu, misalnya lipstik atau pasta gigi. Hentikan pemakaian produk terkait jika bibir Anda mengalami iritasi.

    Luka

    Luka pada bibir bisa disebabkan oleh virus herpes, namun jangan khawatir, luka itu akan hilang setelah beberapa hari sejak kemunculannya. Biasanya bibir akan terasa gatal sebelum luka tersebut muncul. Jika Anda merasakan gatal-gatal pada bibir, cegah virus menyebar dengan salep khusus. Anda juga bisa menghindari terlalu banyak terkena sinar matahari.

Wah, luar biasa ya Ladies, bukan hanya masalah kesehatan yang berhubungan dengan bibir, namun masalah kesehatan lain di tubuh kita juga dapat diidentifikasi dari bibir. Sekarang, karena Anda sudah tahu, waspada ya Ladies jika mengalami gejala-gejala di atas, agar tidak terlambat mendapatkan penanganan atas penyakit terkait.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading