/kesehatan/8318-manfaat-jeruk-keprok-untuk-kesehatan.html

Manfaat Jeruk Keprok Untuk Kesehatan

Rabu, 08 Juni 2011 07:00



(c) typepad Vemale.com - Tampaknya kita harus bersyukur karena Indonesia begitu kaya berbagai buah-buahan yang baik untuk menjaga kesehatan. Salah satu buah yang mudah kita jumpai dan tidak mengenal musim adalah jeruk keprok. Jeruk ini adalah salah satu jenis citrus yang memiliki ciri bentuk yang mungil, manis, dan berbau segar. Tidak hanya enak dinikmati, ternyata jeruk keprok bisa memberi sumbangsih yang baik bagi kesehatan Anda.

Ilmuwan dari University of Western Ontario bahkan memberi julukan Super Food pada si mungil jeruk keprok (tangerine). Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, pada ilmuwan telah membuktikan melalui penelitian yang mereka lakukan bahwa jeruk keprok dapat menjaga berat badan agar tetap ideal, menjaga kesehatan pembuluh darah, serta melindungi Anda dari risiko terkena diabetes tipe 2.

Percobaan Pada Dua Kelompok Tikus

Dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Western Ontario, para ilmuwan memakai media beberapa ekor tikus dalam dua kelompok yang berbeda.

Pada kelompok pertama, tikus diberi makanan yang mengandung lemak tinggi dan tinggi gula dengan timbangan yang dibuat mirip dengan konsumsi masyarakat beberapa tahun ini. Para kelompok tikus ini, muncul masalah kesehatan seperti meningkatnya kadar kolesterol jahat dan naiknya kadar insulin dalam darah, dan hati yang diselubungi lemak, di mana hal tersebut akan meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2.

Sedangkan tikus pada kelompok kedua diberi nobiletin, sebuah zat yang banyak terkandung di dalam jeruk keprok. Tikus-tikus dalam kelompok ini jauh lebih sehat. Mereka tidak mengalami masalah kenaikan berat badan, tidak memiliki kadar lemak dalam darah, juga hati mereka tidak diselimuti lemak seperti kelompok tikus pertama. Tikus tersebut juga tidak memiliki tumpukan lemak pada pembuluh darah mereka, sehingga risiko terkena serangan jantung dan stroke lebih kecil.

Manfaat Nobiletin Pada Jeruk Keprok

Sekalipun percobaan tersebut dilakukan pada tikus, efek yang sama akan terjadi pada manusia. "Nobiletin melindungi tikus-tikus tersebut dari obesitas," ujar Dr. Murray Huff yang merupakan ketua penelitian tersebut, "Penelitian ini membuka jalan dan akan menjadi acuan penelitian selanjutnya untuk melihat apakah hal ini baik untuk mengobati sindrom metabolisme pada beberapa orang."

Kandungan nobiletin tidak hanya terdapat pada jeruk keprok, karena kandungan yang sama ditemukan pada beberapa jenis buah-buahan lain. Lalu mengapa Anda lebih baik memilih jeruk keprok? Karena kandungan nobiletin dalam jeruk keprok lebih baik dibanding buah-buahan lainnya. Kandungan nobiletin pada jeruk keprok 10 kali lebih efektif dibandingkan nobiletin dalam jeruk Bali/grapefruit. (vem/wsw)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

24 November - 30 November
Banyak kerjaan dan tantangan baru yang akan kamu hadapi Ada banyak...