Sukses

Beauty

5 Hal Tentang Ramadan Yang Perlu Diketahui

Anda yang menjalankan puasa Ramadan pasti akan merasakan ada banyak hal berbeda yang terjadi saat Ramadan dan mungkin hanya akan ada dan terjadi saat bulan puasa saja kan? Seperti misalnya para penjual takjil dan lain sebagainya.

Seperti dikutip dari straitstimes.com, ada banyak hal yang terjadi saat Ramadan dan ini dia beberapa hal tentang Ramadan yang perlu Anda ketahui.

(vem/feb)

Datangnya Ramadan selalu berubah-ubah setiap tahun

Bulan Ramadan tidak mengikuti siklus kalender masehi tiap tahunnya. islam memiliki kalender sendiri dalam penghitungan hari, termasuk untuk menentukan datangnya Ramadan.

Dan biasanya, bulan ramadan datang sebelas hari lebih awal dari tahun lalu. Itulah mengapa setiap tahun ramadan selalu datang di waktu berbeda, dan dimulai saat sudah terlihat bulan pertama.

Puasa adalah salah satu rukun Islam

Islam memiliki 5 pilar yang disebut Rukun Islam, dan puasa merupakan salah satu dalam pilar tersebut, tepatnya adalah rukun Islam ke-4. Puasa bertujuan untuk menumbuhkan disiplin diri dan mengarahkan hati jauh dari pikiran negatif.

Bukan hanya itu, puasa juga merupakan cara untuk membersihkan jiwa dari prasangka buruk, mendekatkan diri ke Allah. Menjadi sarana untuk memperbaiki diri dan belajar lebih lapang dada, ikhlas dan memaafkan kesalahan.

Bukan hanya menahan haus dan lapar

Selain menahan haus dan lapar, puasa juga termasuk menghindari merokok, hubungan suami istri dan berbagai perbuatan tercela lainnya. Puasa diartikan sebagai menahan diri, termasuk menahan diri dari melakukan perbuatan tidak baik.

Secara batin, juga harus menahan amarah dan pikiran buruk tentang seseorang dan pikiran kotor. Itulah mengapa, nggosip atau membicarakan orang juga dilarang saat puasa Ramadan, karena itu adalah perbuatan yang tidak baik.

Selama Ramadan dilakukan sholat tarawih

Puasa sendiri merupakan ibadah, namun tidak kalah pentingnya adalah berdoa. Berdoa adalah salah satu kegiatan ibadah utama yang ditekankan saat Ramadan.

Itulah mengapa, saat Ramadan, umat muslim mendapat tambahan ibadah berupa sholat tarawih. Sholat tarawih dilakukan secara berjamaah di masjid dan dilakukan setelah sholat isya selama sebulan penuh bulan Ramadan.

Tidak semua umat muslim diharuskan puasa

Ada beberapa orang yang tidak diharuskan puasa seperti misalnya orang tua yang sudah tidak mampu berpuasa dan orang yang sedang sakit. Orang yang sedang menjalani perjalanan jauh, wanita hamil, dan menyusui juga diperbolehkan tidak puasa, namun dengan catatan harus membayarnya di lain waktu.

Anak-anak yang belum mencapai pubertas juga masih diperbolehkan tidak puasa tanpa harus membayar hutang puasa. Wanita yang menstruasi tidak boleh puasa, karena sedang dalam keadaan kotor, tapi harus membayarnya dengan puasa di lain waktu.

Nah, itu dia beberapa hal tentang Ramadan yang pastinya sudah Anda ketahui. Hal-hal inilah yang mewarnai bulan suci Ramadan ini. Semoga puasa Anda lancar dan diberkahi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading