Sukses

Health

5 Makanan yang Sembuhkan Radang Tenggorokan selama Ramadan

Fimela.com, Jakarta Mengatasi sakit tenggorokan bukanlah hal yang mudah, apalagi saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh banyak hal, umumnya infeksi bakteri, infeksi virus, reaksi alergi tubuh terhadap sesuatu, salah makan atau bahkan efek dari dehidrasi. Saat tenggorokan sakit dan nyeri, tentunya sangat tidak nyaman bahkan jadi susah menelan makanan.

Agar tidak menderita selama menjalankan puasa Ramadan karena radang tenggorokan, sebaiknya atur pola makan dan jaga kesehatan. Ini beberapa makanan yang bisa mengatasi radang tenggorokan yang cocok dijadikan takjil buka puasa selama Bulan Ramadan.

1. Susu Pisang

Susu memiliki tekstur lembut di mulut sehingga mudah ditelan dan memberikan kenyamanan pada dinding tenggorokan. Buah pisang termasuk buah yang mudah dicerna karena empuk dan memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak menimbulkan iritasi lebih parah pada tenggorokan yang sakit. Kamu bisa memblender susu dan pisang bersamaan untuk mendapatkan manfaatnya, atau boleh juga dimakan terpisah jika dirasa masih mampu menelan makanan bertekstur kasar. Selain kaya vitamin dan mineral, susu pisang juga kaya serat dan protein yang mengenyangkan.

2. Sup Ayam

Sup ayam dapat dimanfaatkan sebagai makanan pereda radang tenggorokan. Semangkuk sup ayam hangat ternyata lebih ampuh dibandingkan antibiotik dalam mengurangi rasa nyeri tenggorokan. Kandungan sup ayam juga tidak sedikit. Sayuran yang dimasak bersama daging ayam memiliki kandungan vitamin, mineral, protein dan serat yang baik dalam mengurangi inflamasi. Buatlah sup ayam dengan wortel, brokoli, bawang putih, seledri, kentang, pala dan jahe untuk mengatasi radang tenggorokan.

3. Bubur Sumsum

Campuran bubur tepung beras dan gula merah ini juga cocok jadi takjil sekaligus obat pereda radang tenggorokan. Tekstur bubur sumsum yang lembut mampu menghangatkan tenggrokan, kandungan karbohidratnya yang tinggi juga sangat cocok mengembalikan energi yang terkuras selama seharian berpuasa. Bubur sumsum tak perlu dikunyah, cukup diseruput pelan dan ditelan. Makanan ini juga dikenal sebagai makanan yang sangat ampuh memulihkan kondisi tubuh setelah sakit. Pembengkakan pun akan reda dengan mengonsumsi makanan ini dalam keadaan hangat.

4. Air Kelapa Muda

Air dan daging kelapa muda memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan baik untuk kesehatan, tidak terkecuali mengurangi radang teggorokan. Kandungan antiinflamasi dan antibiotiknya mampu menyembuhkan sakit tenggorokan. Jika ingin lebih berkhasiat, minum dan makanlah kelapa muda hijau yang memiliki kandungan mengobati lebih kuat dibanding kelapa muda biasa. Kelapa muda juga cocok dijadikan takjil buka puasa karena mampu mengganti elektrolit tubuh dan mengembalikan tubuh dari kondisi dehidrasi.

5. Teh Lemon Madu Jahe

Seduh atau rebus satu kantung teh hitam dengan jahe geprek lalu campurkan dengan lemon di dalam gelas, nikmati selagi hangat sebagai pereda sakit tenggorokan sekaligus takjil buka puasa. Teh ini merupakan salah satu minuman yang pas menghangatkan tenggorokan yang iritasi dan gatal. Secangkir teh lemon madu jahe mampu memberikan efek relaksasi sekaligus antibiotik yang baik. Hirup juga uap yang melegakan dari teh hangat ini.

Itu dia beberapa makanan dan minuman yang cocok dijadikan takjil buka puasa saat mengalami radang tenggorokan. Semoga bermanfaat dan tetap sehat ya Sahabat Fimela!

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading