Sukses

Beauty

5 Alasan Vitamin B12 Penting Untuk Tubuh

Jika bicara tentang vitamin, mungkin Anda lebih akrab dengan vitamin-vitamin yang umum seperti misalnya vitamin A, C, E dan D. Salah satu vitamin yang juga penting dan tidak bisa diabaikan fungsinya adalah vitamin B, terutama vitamin B12.

Seperti dikutip dari boldsky.com, kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan kelelahan, anemia, konstipasi, tubuh lemas, daya ingat melemah, gangguan penglihatan, asma, tidak nafsu makan hingga kurangnya produksi sperma. Ini lima alasan mengapa vitamin B12 dibutuhkan oleh tubuh.

    Mempertahankan ketahanan tubuh

    Vitamin B12 diperlukan untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa di dalam tubuh, yang nantinya akan diubah menjadi energi sehingga tubuh tidak mudah lelah dan lesu.

    Membantu produksi sel darah merah

    Vitamin B12 juga membantu dalam produksi sel darah merah sehingga bisa mengangkut oksigen lebih baik. Sel darah yang segar bisa lebih baik dalam memberi nutrisi dan membuang zat sisa tubuh.

    Meningkatkan sistem pencernaan

    Vitamin B12 diperlukan untuk menjaga fungsi sistem pencernaan. Vitamin ini bisa mengoptimalkan fungsi pencernaan sehingga tidak terjadi diare dan konstipasi.

    Menjaga jantung

    Selain itu, vitamin B12 juga berfungsi melindungi jantung terhadap penyakit berbahaya dengan cara menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Melancarkan peredaran darah dan mencegah penggumpalan darah.

    Menjaga kesehatan otak dan mental

    Vitamin B12 berfungsi menjaga dan mengatur sistem syaraf, mengurangi stres, depresi serta mencegah penyusutan otak karena kurang nutrisi.

Jadi, jangan hanya mengenal vitamin A dan C saja. Banyak vitamin yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dan penting untuk fungsi tubuh yang lebih baik, salah satunya adalah vitamin B12.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading