Sukses

Beauty

6 Penyebab Anda Gemuk (Lagi) Setelah Kurus

Menurunkan berat badan bukanlah hal mudah. Namun menjaga berat badan tetap stabil pasca diet ketat merupakan hal yang lebih sulit. Beberapa orang melupakan pola hidup sehat dan kebiasaan berolahraga yang rutin dilakukan setelah mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Namun ada juga yang berat badannya kembali naik, meskipun tidak ada kebiasaan baiknya yang diubah. Mengapa ya kira-kira? Berikut ini Harpersbazaar.com membantu Anda menjawab pertanyaan tersebut. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

    Metabolisme Melemah

    Semakin kecil berat badan Anda, metabolisme tubuh Anda membutuhkan kalori yang semakin sedikit juga. Kalori yang dibakar tubuh erat kaitannya dengan berat badan Anda. Seseorang yang berat badannya berlebih cenderung membakar lebih banyak kalori saat berolahraga karena energi yang dibutuhkan untuk bergerak lebih besar. Saat berat badan Anda turun, tubuh Anda membutuhkan kalori yang lebih sedikit , dan kalori yang dibakar semakin berkurang tiap harinya. Karena itu, jika Anda tidak menyesuaikan jumlah makanan yang Anda makan dengan berat badan baru Anda, Anda dapat kembali gemuk.

    Kurang Tidur

    Cukup tidur bukan hanya membuat tubuh Anda lebih segar, tapi juga menjaga ukuran pinggang Anda. Karena bila Anda kurang tidur, tubuh Anda akan menghasilkan hormon gherlin, hormon yang membuat Anda ingin makan lebih banyak, secara berlebihan, dan kekurangan hormon leptin, hormon yang memberitahu Anda kapan harus berhenti makan. Selain itu, kelelahan juga membuat metabolisme Anda melambat.

    Tetap Pada Rencana

    Seperti yang tadi dikatakan di atas, kembali kebiasaan lama dan melupakan pola hidup sehat, dapat membuat berat badan Anda naik lagi dengan sangat mudah. Tetaplah pada pola hidup sehat Anda. Hal itu merupakan cara paling mudah untuk menjaga berat badan Anda agar tidak naik lagi.

    Salah Memotivasi Diri

    Katanya sih Ladies, setiap orang punya batas disiplin setiap harinya. Jadi jika pagi-pagi Anda sudah fokus pada keinginan untuk menolak suatu makanan, cokelat misalnya, di sisa hari kemungkinan Anda untuk makan makanan tidak sehat lain akan lebih besar. Pada pagi hari, Anda lebih baik fokus memotivasi diri Anda pada hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan Anda, karena titik tertinggi motivasi adalah pagi hari. Dan yang paling penting, jangan tinggalkan sarapan, makanlah cokelat yang Anda inginkan, daripada Anda menghabiskan sisa hari Anda memikirkannya, lalu tergoda lebih-lebih lagi.

    Bayangan Kebiasaan Buruk Masa Lalu

    Kebiasaan baik yang Anda lakukan sekarang, semata-mata karena Anda ingin menjadi langsing, tanpa diimbangi ingin menjadi sehat. Karenanya Anda tidak sungguh-sungguh mengubah pola hidup, dan pola hidup buruk di masa lalu masih membayangi Anda. Anda selalu menanti-nantikan kapan Anda bisa makan burger favorit Anda lagi. Dan jika saja celah untuk makan burger itu datang, Anda akan "membalas dendam" lalu tentu saja pola hidup sehat Anda rusak.

    Olahraga Tidak Meningkat

    Anda memerlukan peningkatan level dalam berolahraga agar tubuh Anda dapat memperbaiki bentuk otot yang ingin dibentuk, dan membakar lebih banyak kalori.

Jadi kuncinya, agar berat badan Anda tidak naik lagi, Anda harus mengubah pola pikir Anda tentang hidup sehat, bukan hanya mengubah apa yang Anda makan saja. Tetap semangat, Ladies.

 

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading