Gen Penentu Haid Pertama

Rabu, 13 April 2011 14:54



(c) diakerd Vemale.com - Belakangan ini, para anak gadis mendapatkan haid pertama di usia yang lebih awal ketimbang generasi sebelumnya. Selama bertahun-tahun diduga penyebabnya adalah karena makanan jaman sekarang yang lebih baik membuat anak tumbuh lebih cepat sehingga tubuhnya lebih cepat dewasa pula. Faktor pergaulan dan lingkungan sekitar juga diduga membuat anak perempuan dewasa lebih awal.

Namun sebuah studi telah mengungkap bahwa masalah haid pertama ini ternyata dipengaruhi oleh genetika. Dalam penelitian yang diberitakan di Daily Mail ini, faktor genetika menjelaskan separuh dari variasi usia seorang wanita mulai haid. Para peneliti dari Institute of Cancer Research, sebuah departemen dari University of London, menemukan bahwa usia haid pertama ini terkait erat dengan anggota keluarga perempuan mereka, termasuk ibu, kakak perempuan, nenek dan bahkan bibinya. Tidak main-main, mereka menggunakan model matematika untuk menemukan bahwa faktor genetik ini bertanggung jawab hingga 57 persen atas variasi usia haid pertama.

Dari studi terhadap 26 ribu wanita, didapatkan usia rata-rata haid pertama adalah 12 tahun 7 bulan. Jika ibu atau saudara perempuan seorang gadis mendapatkan haid pertama pada 12 bulan setelah usia rata-rata tersebut, berarti gadis itu akan mendapatkan haid pada tiga bulan setelah usia rata-rata tersebut. Sedangkan hubungan dengan nenek atau bibi dari pihak ibu menunjukkan bahwa setiap delay 12 bulan, seorang gadis akan mendapatkan haid kira-kira 1,5 bulan setelah usia rata-rata haid.

Hasil studi yang mengejutkan adalah, delay tiga bulan ini juga ditemukan pada bibi dari pihak ayah. Walaupun belum jelas, namun hal ini menunjukkan bahwa ada peran genetika menyangkut usia seorang gadis mendapatkan haid pertama. Peneliti Danielle Morris dari ICR menegaskan bahwa usia haid pertama seorang ibu atau kakak perempuannya adalah petunjuk terbaik untuk mengetahui seorang gadis akan haid pada usia berapa.

Walaupun faktor lingkungan dan gaya hidup tidak bisa dilewatkan begitu saja sebagai akselerator kedewasaan reproduksi seorang anak, namun kini Anda bisa mulai menebak-nebak pada usia berapakah putri Anda akan mendapatkan haid pertamanya nanti. (vem/miw)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Cancer

21 Juli - 27 Juli
Sekaranglah saat yang tepat untuk menyambung kembali relasi yang sempat terputus...