Sukses

Beauty

5 Dampak Negatif Konsumsi Gula Pada Kinerja Manusia

Seorang teman sering sekali menyerah terhadap godaan makanan manis pada jam makan siang dengan alasan untuk meningkatkan gula darah. Namun yang terjadi pada sore hari, dia tidak dapat beraktivitas dengan maksimal karena tidak bisa fokus, lambat dalam berpikir dan terus mengantuk. Dia juga lebih emosional dan pemarah saat berinteraksi dengan rekan kerja atau pasangannya.

Memang benar, memakan gula dapat menimbulkan dampak negatif terhadap pikiran dan emosi. Berikut adalah 5 cara gula mempengaruhi kinerja Anda seperti yang dilansir oleh lifehack.org

 

    Fokus

    Mengkonsumsi gula berlebih mampu mengurangi kemampuan sel-sel saraf Anda untuk berkomunikasi. Cara lain gula dapat mempengaruhi fokus Ada adalah dengan efek kecanduan yang diakibatkannya, Sama seperti kecanduan lain, ketika Anda melawan suatu keinginan itu Anda akan mengalami gangguan dalam berpikir.

    Suasana hati

    Gula dapat mengakibatkan Anda memiliki kesabaran yang lebih rendah bahkan membuat Anda merasa depresi.Cara terbaik mengatasi suasana hati ini adalah mengkonsumsi protein dan serat.

    Memori

    Diet tinggi gula mempengaruhi fungsi kognitif, kinerja dan dapat memblokir reseptor ingatan Anda. Anda akan mengalami kesulitan mengingat apa yang orang lain katakan sebagai akibat dari gula. Bahkan jika ini berlangsung dalam jangka panjang, Anda bisa saja mengalami Alzheimer.

    Emosional dan Keseimbangan Mental

    Terlalu banyak gula dapat membuat Anda lebih rentan terhadap perubahan suasana hati. Hal ini menyebabkan iritabilitas, kecemasan, perilaku agresif dan perubahan suasana hati yang drastis. Selain itu saat ini semakin banyak bukti yang menyatakan hubungan antara kesehatan usus dengan kesehatan otak. Dan gula pada nyatanya bukan makanan yang baik untuk kesehatan usus Anda.

    Stres

    Stres dan makanan adalah hal yang sangat berhubungan. Stres kerap terkait dengan makan berlebih, berat badan bahkan obesitas. Hal-hal itu berkaitan dengan asupan gula yang berlebih.

 

Itulah 5 cara gula mempengaruhi kinerja Anda. Konsumsi makanan manis secukupnya agar hari Anda berjalan lancar dan tidak terganggu ya Ladies!

(vem/hws)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading