Sukses

Beauty

Awas, Waktu Tidur Yang Buruk Bisa Kacaukan Siklus Menstruasi

Perubahan siklus menstruasi bukan hanya menandai hamil atau tidaknya seorang wanita. Salah satu penanda bahwa Anda memiliki tubuh yang sehat dan normal sebenarnya bisa dilihat dari siklus menstruasi atau haid yang datang secara teratur.

Dan kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan juga bisa memengaruhi siklus datang bulan yang Anda alami. Dikutip dari health.com,kebiasaan buruk tidur yang kurang atau tidak teratur ternyata juga bisa mengacaukan siklus haid Anda. Tidur adalah waktu istirahat yang penting untuk mengembalikan energi tubuh dan memperbaiki sel-sel di dalam tubuh.

Tapi pola tidur yang di bawah standar ternyata juga bisa menghentikan siklus bulanan Anda. Berdasarkan sebuah review, orang-orang yang memiliki pekerjaan seperti perawat atau pramugari yang dituntut bekerja pada jam-jam malam atau tidak biasa lebih sering mengalami menstruasi yang tidak teratur.

Pergeseran waktu tidur dan tidak cukupnya waktu tidur akan memengaruhi produksi hormon reproduktif seperti estrogen dan progesteron pada wanita yang mana juga akan berdampak pada proses ovulasi dan menstruasi. Bukan hanya itu, pola tidur yang tidak teratur membuat tingkat melatonin menurun. Padahal melatonin diketahui memiliki peran penting dalam mengatur sistem reproduksi dan menstruasi.

Jadi, untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda mengimbanginya dengan cara mengganti waktu tidur Anda yang kurang atau mengurangi aktivitas yang menyebabkan Anda kurang tidur.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading