Sukses

Food

5 Manfaat Mengagumkan Gula Merah Untuk Kesehatan

Gula merah atau gula sering kali digunakan sebagai pemanis pada masakan jawa, isian kue tradisional ataupun sebagai pemetral rasa manis pada jamu tradisional. Gula merah dikenal sebagai gula yang memiliki rasa manis khas. Tidak hanya itu saja, gula merah juga dikenal sebagai salah satu gula yang memiliki segudang manfaat mengagumkan untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman livestrong.com, meski gula merah alami memiliki harga lebih mahal daripada gula pasir, hal ini sudah sesuai dengan manfaat dan khasiat dari gula merah tersebut. Gula merah dipercaya mengandung beberapa nutrisi dan vitamin baik yang diperlukan tubuh. Inilah beberapa manfaat dari gula merah untuk kesehatan.

 

Mencegah Anemia

Sebagai sumber zat besi yang baik, gula merah sangat dipercaya mampu mengatasi masalah kurang darah ataupun anemia. Konsumsi gula merah setidaknya 1 gram setiap hari bisa bantu kamu dapatkan tubuh sehat serta jauh dari masalah anemia.

Mencegah Asma

Beberapa study menyarankan agar penderita asma mengkonsumsi gula merah alami untuk mengatasi sakitnya. Sifat anti alergi yang ada pada gula merah menjadi salah satu dasar kenapa gula tradisional ini dikatakan bisa mencegah bahkan menyembuhkan penyakit asma.

 

Mencegah dan Mengobati Jerawat

Kamu memiliki masalah jerawat membandel yang sukar untuk di atasi? Jika iya, cobalah untuk memanfaatkan gula merah sebagai masker ataupun mengkonsumsinya secara teratur setiap hari. Beberapa nutrisi yang terkandung pada gula merah sangat dipercaya mampu mengatasi dan mencegah munculnya jerawat di wajah ataupun tubuh.

Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

Masalah bulanan yang sering kali dialami oleh wanita adalah nyeri saat datang bulan. Untuk meredakan nyeri ini, kamu bisa memanfaatkan gula merah. Makan sedikit gula merah utuh lalu istirahatlah. Perlahan nyeri karena menstruasi akan berkurang. Agar nyeri lebih cepat reda, kamu bisa membuat ramuan dari gula merah dan kunyit. Caranya:

  1. Parut kunyit 2 rimpang, peras dan campur dengan satu gelas air.
  2. Masak air kunyit bersama 20 gram gula merah hingga mendidih.
  3. Tunggu pati kunyit mengendap lalu minum ramuan kunyit ini.

 

Mengatasi Masalah Pencernaan

Untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat, cobalah ganti gula pasir pada minuman sehari-hari dengan gula merah. Cara ini akan membantmu dapatkan sistem pencernaan yang sehat serta terawat.

Beberapa study menyebutkan bahwa di dalam gula merah mengandung vitamin C, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, seng, zat besi, tembaga, beberapa fitonutrien, polifenol, falvonoid dan Anthocyanidin. Bukan hanya itu hanya, gula merah juga dipercaya mengandung sejumlah nutrisi lain berupa vitamin B inositol yang mampu bantu menenangkan perasaan dan membuat tubuh lebih kuat serta berstamina. Dengan beberapa nutrisi ini, tidak heran jika gula merah memiliki segudang manfaat mengagumkan untuk tubuh. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading