Sukses

Beauty

Ingin Keseimbangan Hormon Terjaga? Berhentilah Mengonsumsi Ini

Apa yang kita makan akan sangat mempengaruhi berbagai macam aspek fungsi tubuh. Tak terkecuali dalam fungsi atau keseimbangan hormon tubuh. Bagi wanita, khususnya di saat menstruasi, keseimbangan hormon bisa mempengaruhi mood kita. Kalau hormon tak seimbang, kesehatan tubuh dan mental bisa samas-sama terganggu.

Dilansir dari mindbodygreen.com, ada jenis makanan tertentu yang perlu kita hindari untuk menjaga keseimbangan hormon. Jika Anda ingin bisa menstabilkan kondisi mood Anda, sebaiknya hindari konsumsi makanan ini. Dan bagi wanita yang menjelang masa menopause, menghindari konsumsi makanan ini juga berdampak sangat signifikan dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan.

    Makanan dengan Gula Berlebih

    Gula telah terbukti bisa memperparah gejala hormonal pada wanita. Sebuah penelitian dari University of Pittsburgh pada wanita di usia 50an dan 60an menunjukkan bahwa wanita yang mengurangi konsumsi makanan yang manis-manis bisa lebih mudah mengurangi berat badan, baik untuk jangka pendek maupun periode empat tahun kemudian.

    Minuman Berkafein

    Minuman berkafein bisa memicu hot flashes (gejala yang umum dirasakan oleh wanita di masa perimenopause atau setelah memasuki masa menopause). Jika Anda punya masalah dengan hot flashes atau berkeringat dingin di malam hari, kurangi atau berhentilah mengonsumsi minuman berkafein.

    Alkohol

    Minuman beralkohol juga bisa memicu hot flashes. Demi kesehatan tubuh dan keseimbangan hormon, jangan mengonsumsi minuman beralkohol, ya Ladies.

    Makanan Kaya Lemak

    Sebuah penelitian dari sekitar 17 ribu wanita menemukan bahwa wanita yang lebih banyak mengonsumsi makanan rendah lemak (buah, sayuran, dan bulir utuh) mengalami sedikit masalah dengan hot flashes. Lemak memang diperlukan oleh tubuh. Tapi jangan sampai berlebihan mengonsumsinya.

    Makanan Pedas

    Wah, memang kadang susah ya menahan godaan dari makanan berbumbu pedas. Tapi demi kebaikan Anda, usahakan untuk memilih makanan dengan bumbu-bumbu yang cukup dan tak terlalu pedas.

Selain menghindari atau membatasi makanan dan minuman tersebut, Anda juga bisa mengonsumsi jenis makanan tertentu untuk menjaga keseimbangan hormon. Misalnya mengonsumsi makanan dengan kandungan protein kedelai, ikan salmon, sayur asparagus, dan buah melon.

Menjaga pola makan adalah salah satu cara ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. So, keep a proper diet and stay healthy!



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading