Sukses

Beauty

Kulit Mulai Tua, Ini Tanda-Tandanya

Semua orang pasti menginginkan kulit wajah yang sehat, mulus, serta tetap terlihat kencang walaupun usia sudah tak muda lagi. Namun, hal tersebut hampir tak mungkin jika Anda tidak melakukan perawatan apa pun sejak muda atau pun saat sudah lanjut usia. Pasalnya, hampir semua orang akan mengalami penuaan pada kulit wajah,kecuali orang tersebut melakukan perawatan ekstra supaya tidak terlihat tua.

Penuaan atau perubahan kulit wajah adalah suatu hal yang biasa terjadi pada semua orang sebagai tanda bertambahnya usia, seperti kendur atau keriput wajah. Kendur dan keriput.kulit sendiri terdiri dari beberapa lapisan, namun secara umum lapisan kulit terbagi atas 3 bagian:

• Bagian luar (epidermis), mengandung sel-sel kulit dan pigmen/warna kulit
• Bagian tengah (dermis), mengandung pembuluh darah, saraf, folikel rambut, dan kelenjar minyak. Dermis menyediakan nutrisi ke epidermis.

• Lapisan dalam di bawah dermis (lapisan subkutan), mengandung kelenjar keringat, beberapa folikel rambut, pembuluh darah, dan lemak.

Umumnya, setiap lapisan mengandung jaringan ikat dan serat kolagen yang dapat membuat kulit menjadi kenyal dan elastis. Nah, jika usia Anda sudah tua atau memasuki usia lanjut, maka lapisan epidermis akan menipis dan jumlah melanosit (sel berpigmen) akan menurun.

Nah, hal tersebutlah yang dapat menyebabkan kulit wajah bertekstur, kulit menjadi lebih tipis dan pucat serta dapat pula timbul bintik pigmen berukuran besar (disebut bintik-bintik penuaan atau lentigos) yang umumnya dijumpai pada area tubuh yang sering terpapar sinar matahari langsung.

Namun, selain faktor usia, ada beberapa faktor lain penyebab penuaan pada kulit, yaitu faktor lingkungan, genetik, nutrisi, dan faktor penyebab lainnya. Namun, faktor terbesar perubahan pada kulit adalah paparan sinar matahari.

Berikut beberapa tanda lain jika kulit mulai ‘tua’, di antaranya adalah

 

    Melemah

    Seiring dengan melemahnya serat kolagen dan elastin, hilangnya massa otot dan jaringan lemak serta efek tarikan gravitasi, dapat menyebabkan kulit Anda mulai mengendur dan berkantong. Hal ini bisa terjadi seperti pada kelopak mata, alis, lipatan sekitar mulut, dan leher.

    Elastosis

    Elastosis adalah kerusakan pada kulit wajah yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kondisi ini ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi kuning, timbulnya benjolan kecil berwarna kuning atau putih, serta memburuknya tekstur kulit wajah terutama pada bagian bawah mata, bibir atas, serta pipi.

    Munculnya bintik hitam

    Pertambahan usia disertai paparan sinar matahari menyebabkan munculnya bintik kecokelatan pada wajah yang seringkali disebut dengan flek.

    Keriput

    Ketika usia Anda sudah semakin lanjut, kulit akan memproduksi lebih sedikit lipid disertai menurunnya kemampuan regenerasi sel. Kelembaban kulit menurun hingga 10 persen per-dekade, penurunan produksi kolagen dan menipisnya serat elastin, yang menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kasar pada wajah dan leher.

Jadi, itu dia beberapa tanda yang bisa diperhatikan pada kulit yang sudah menua. Untuk mencegah hal ini tentunya juga harus diikuti dengan gaya hidup sehat dan perawatan rutin Ladies.

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading