Sukses

Beauty

4 Kebiasaan Sehari-Hari Yang Bisa Merusak Gigi

Gigi buka hanya berfungsi sebagai penghancur makanan dan membantu proses pencernaan lebih baik, namun juga merupakan salah satu bagian yang akan mempercantik penampilan Anda saat harus tersenyum di depan kamera atau teman-teman Anda. Namun seringkali orang mengabaikan kesehatan dan kebersihan gigi.

Selain merokok dan minum minuman beralkohol, seperti dikutip dari healthmeup.com, beberapa kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan ini juga bisa merusak gigi, antara lain adalah

    Makan makanan manis

    Semua orang tahu bahwa kebiasaan ini bukan hanya bisa menaikkan berat badan, namun juga merusak gigi. Makanan atau minuman manis akan meningkatkan pembentukan asam di rongga mulut dan pertumbuhan bakteri sehingga meningkatkan risiko terbentuknya plak gigi dan bahkan gigi berlubang.

    Mengunyah es batu

    Sepertinya memang mengunyah es bukan lah kegiatan yang berbahaya, namun sebenarnya tidak baik untuk gigi. Sering mengunyah es batu bisa menyebabkan email gigi retak hingga patah. Hal ini sama dengan kebiasaan makan makanan yang keras. Makan es batu juga bisa meningkatkan sensitivitas gigi.

    Memilih sikat gigi yang kaku dan kasar

    Banyak orang berpikir, semakin kasar sikat gigi, maka semakin baik membersihkan gigi. Namun hal ini salah, sikat yang terlalu kaku dan kasar justru bisa mengikis permukaan gigi dan meningkatkan sensitivitas gigi. Bukan hanya itu, sikat yang kasar juga bisa melukai gusi dan menyebabkan pendarahan gusi.

    Minum kopi

    Kopi bisa meninggalkan bekas kekuningan pada permukaan gigi. Ini bukan hanya bisa mengurangi keindahan gigi, namun juga bisa merusak gigi. Kafein bisa mengurangi produksi air liur, padahal air liur membantu membersihkan rongga mulut.

Jadi, akan lebih baik jika Anda mengurangi kebiasaan-kebiasaan di atas dan sertai juga dengan rajin menggosok atau membersihkan gigi setelah makan ya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading