Sukses

Beauty

Kram Otot Kaki Saat Berenang, Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Jika Anda penggemar olahraga berenang, Anda pasti pernah mengalami rasa kaki yang menegang atau kram otot kaki saat berada di dalam air atau saat sedang berenang. Kram otot kaki adalah salah satu kondisi tubuh yang sering terjadi saat berenang, sangat mengganggu dan terasa sangat sakit.

Kram biasanya dirasakan ketika kaki menendang dinding kolam saat berenang gaya bebas, saat berbelok, menjejak lantai kolam, dan lain sebagainya yang membutuhkan tubuh menarik otot-otot kaki. Kram akan hilang sendiri setelah Anda melakukan peregangan di luar kolam, namun rawan mengulang kram lagi setelahnya.

Seperti dilansir dari swimming.org, kram otot kaki terjadi ketika otot sudah lelah dan terlalu sering digunakan. Kram juga bisa terjadi karena tubuh dehidrasi atau kurangnya elektrolit dalam tubuh sehingga otot tubuh tidak bekerja sesuai keinginan dan menegang hingga menimbulkan rasa sakit.

Untuk cara pencegahan, hal yang pertama yang perlu diingat adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Luangkan waktu beberapa menit untuk keluar dari kolam dan minum air secukupnya. Anda juga bisa minum air yang mengandung elektrolit untuk mencegah kram dan menjaga kebugaran tubuh.

Kedua, Anda perlu melakukan peregangan sebelum berenang. Peregangan sangat penting untuk menjaga fleksibilitas otot dan membiasakan otot agar tidak kaget di dalam air. Peregangan perlu dilakukan sebelum dan sesudah berenang. Cobalah peregangan terutama untuk otot kaki sekitar betis hingga telapak kaki.

Lakukan selama kurang lebih 15 menit untuk membiasakan diri misalnya dengan berdiri dengan satu kaki sedang kaki lainnya diangkat kaki ke dinding dan menekuk tubuh hingga menyentuh lutut. Melipat kaki ke belakang tubuh, sesekali melompat, melakukan squad dan lain sebagainya.

Jadi, sudah tahu alasan kram kaki saat berenang dan bisa mengatasinya, bukan? Yuk nikmati olahraga Anda tanpa gangguan otot, Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading