Sukses

Beauty

10 Tips Praktis Berat Badan Turun Tanpa Diet

Berat badan turun, tanpa diet? Bisa kok. Memang tak sedikit orang yang menginginkan penurunan berat badan dengan cara instant dan dalam waktu singkat, meski efeknya buruk bagi kesehatan. Misalnya, hanya mengonsumsi air putih dan jenis buah-buahan tertentu.

Berat badan memang akan turun lebih cepat, namun saat Anda kembali dengan pola makan normal, berat badan juga akan lebih mudah melonjak naik, bahkan lebih naik dari berat badan sebelumnya.

Padahal, untuk menurunkan berat badan, Anda bisa menyiasati pola makan dan mengubah gaya hidup tak sehat. Tak hanya berat badan yang akan turun, efek positifnya bagi kesehatan tubuh pun lebih banyak.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mencapai berat badan idaman, tanpa harus merasa kelaparan:

(vem/feb)

Sarapan dan Ngemil Sehat

1. Konsumsi sarapan setiap hari, bukan menghindarinya demi mengurangi asupan kalori. Tidak sarapan, dapat membuat Anda kelaparan di siang hari, sehingga Anda akan mengonsumsi makanan dalam jumlah lebih banyak.

2. Jika merasa lapar saat bersantai, Anda bisa memilih minum teh, mengonsumsi es krim rendah lemak, atau yogurt. Makanan-makanan tersebut akan membantu memuaskan keinginan Anda, menikmati sesuatu yang manis. Jangan lupa, segera sikat gigi setelahnya. Ini akan membantu mengontrol keinginan Anda menikmati camilan lainnya.

Hindari Minuman Manis dan Kurangi Daging

3. Hati-hati dalam mengonsumsi minuman manis. Jika Anda menginginkan minuman manis, cobalah menggantinya dengan mengonsumsi susu rendah lemak maupun jus buah alami. Campurkan sayur rendah kalori dan buah untuk diolah menjadi jus. Hindari alkohol maupun minuman bersoda.

4. Ganti konsumsi daging dengan sayuran sebagai lauk. Caranya mudah, isi kulkas dengan buah dan sayuran untuk mendisiplinkan diri Anda. Dengan cara ini, asupan gizi Anda semakin diperkaya dengan vitamin, mineral, fitonutrien, dan serat.

Makan Gandum dan Hindari Godaan Makan

5. Sebisa mungkin, pilihlah makanan pokok berbahan gandum dan pilihlah produk lain yang terbuat dari gandum. Kandungan seratnya, dapat membuat Anda merasa kenyang dan dengan sendirinya mengontrol porsi makan yang Anda konsumsi.

6. Jaga hasrat dari segala godaan untuk mengonsumsi makanan yang tidak menyehatkan. Saat harus makan di restoran, hindari makanan berlemak. Begitu pun sebelum menghadiri pesta, ada baiknya isi perut dengan cemilan sehat, agar tidak kelaparan. Sebelum makan, minumlah terlebih dahulu air putih satu gelas penuh dan tunggu 15 menit untuk membantu mengurangi porsi makan Anda.

Mengatur Porsi Makan dan Perbanyak Bergerak

7. Mengatur porsi makan, menjadikannya lebih kecil. Gunakan piring berukuran lebih kecil untuk membatasi Anda makan lebih banyak dan menerapkan porsi kecil setiap hari.

8. Perbanyak bergerak, bahkan saat beraktivitas yang mengharuskan Anda untuk duduk. Misalnya, berjalanlah mondar-mandir saat menerima telepon atau bergeraklah saat tayang iklan pada acara favorit tontonan Anda.

Makan Makanan Protei Tinggi dan Rendah Lemak

9. Saat makan, tambahkan menu makanan berprotein tinggi dan rendah lemak. Jenis makanan yang mengandung protein seperti selai kacang, yogurt rendah lemak, kacang, telur atau daging tanpa lemak. Makanan ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih cepat.

10. Selalu konsumsi produk yang memiliki kandungan rendah lemak. Gunakan olesan yang lebih menyehatkan pada makanan Anda, begitu juga dengan saus. Saus seperti salsa dan mustard akan lebih menyehatkan. Ganti konsumsi kentang putih dengan ubi jalar, hindari keju dan juga saus kental yang berbahan dasar krim.

Jadi, mau cepat kurus tanpa diet yang menyiksa? Cukup terapkan sekian tips yang sudah disebut di atas ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading