Sukses

Beauty

Sakit Saat Menstruasi? Baiknya Makan 5 Makanan Ini

Banyak wanita yang mengeluhkan rasa sakit saat datang menstruasi, seperti rasa pusing, lemas, emosi yang tak stabil hingga nyeri pada beberapa bagian tubuh. Kondisi tersebut tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman dan hasilnya membuat Anda menjadi tidak bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Rasa sakit tersebut memang akan hilang dengan sendiri di beberapa hari setelah menstruasi. Tapi, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat tubuh Anda tetapi sehat dan bugar selama menjalani menstruasi. Caranya mudah, yaitu dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini:

    Air putih

    Dehidrasi adalah salah satu masalah utama saat menjalani menstruasi. Kondisi tersebut dikarenakan saat menstruasi Anda akan kehilangan banyak cairan dalam tubuh. Oleh karena itu, minumlah setidaknya 5 liter air putih per hari selama masa menstruasi.

    Kacang-kacangan

    Kacang kenari dan kacang almond dipercaya dapat mengembalikan keseimbangan tubuh. Hal itu dikarenakan kedua jenis kacang-kacangan tersebut merupakan sumber zat besi yang baik. Namun, perlu diketahui jangan memilih pistachio karena mengandung banyak garam yang menyebabkan retensi air selama menstruasi.

    Sayuran hijau

    Sayuran hijau mengandung banyak kalsium, magnesium dan kalium yang dapat membantu meringankan dan mencegah terjadinya nyeri pada perut. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin K yang sangat dibutuhkan untuk mengentalkan dan mencegah terjadinya kelebihan darah.

    Asam lemak omega-3

    Salah satu faktor penyebab terjadinya kontraksi otor dan nyeri haid dikarenakan oleh sekelompok zat hormon yang disebut degan prostaglandin. Nah, salah satu cara untuk menutup prostaglandin adalah dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 seperti yang terkandung di salmon, kenari dan flaxseed. Bahkan beberapa ahli kesehatan menemukan bahwa perempuan yang diet seimbang yang lebih memilih omega-3 daripada lemak, cenderung mempunyai gejala menstruasi lebih ringan.

    Cokelat

    Cokelat memang dipercaya dapat memperbaiki mood. Hal itu dikarenakan pada saat menstruasi emosi akan naik turun dan akan lebih mudah sensitif atau mudah marah. Cokelat mengandung magnesium, yaitu nutrisi yang dibutuhkan saat siklus menstruasi datang.

Jadi tidak usah khawatir uring-uringan saat tiba datang bulan ya. Coba saja makan makanan di atas untuk mengatasi menstruasi Anda.

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading