Sukses

Beauty

5 Hal Yang Perlu Anda Tahu Mengenai Keriput Di Wajah

Kalau bukan berat badan, wanita biasanya akan meributkan soal keriput di wajah, apalagi untuk mereka yang sudah memasuki usia 30 tahun ke atas. Masalah keriput ini memang bisa jadi mengurangi penampilan apalagi jika dibiarkan begitu saja.

Mengalami keriput sebenarnya merupakan hal yang wajar karena seiring bertambahnya usia, kulit juga mengalami penuaan. Ada banyak faktor mengapa keriput bisa muncul, dan seperti dikutip dari healthmeup.com, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda tahu soal keriput, antara lain yaitu

(vem/feb)

Pengaruh genetik

1. Pengaruh genetik
Keriput yang dialami setiap orang memiliki faktor genetik yang kental. Jika Anda ingin tahu kemungkinan besar keriput di wajah akan muncul di mana, Anda bisa melihat garis wajah ayah, ibu, kakek atau nenek Anda.

Kemungkinan mengalami kerutan di wajah dipengaruhi oleh jenis kulit Anda yang menyerupai jenis kulit keluarga Anda. Dari situ, Anda bisa mengetahui bagian mana yang perlu perawatan lebih intens dan bisa mencegah keriput yang muncul.

Matahari, faktor utama penyebab keriput

2. Matahari, faktor utama penyebab keriput
Radikal bebas merupakan salah satu proses penuaan yang mungkin sekali terjadi pada tubuh dan sinar UV matahari bertanggung jawab atas sebagian besar penuaan kulit karena memicu radikal bebas.

Keriput, kerusakan kulit, pigmentasi, elastisitas dan tekstur kulit bisa berkurang karena sinar matahari. Itulah mengapa, penting menggunakan masker dan memakai tabir surya atau pelembab wajah sebelum Anda bepergian untuk mengurangi penuaan dini dan keriput pada wajah.

Tidur miring bisa menyebabkan keriput

3. Tidur miring bisa menyebabkan keriput
Ketika tidur, tubuh akan dipengaruhi dengan gaya gravitasi dan posisi tidur bisa mempengaruhi kulit Anda. Jika Anda tidur menyamping atau miring terus-menerus, kolagen dalam kulit juga akan tertarik ke samping dan turun. Ini akan mempercepat timbulnya keriput

Belum lagi jika Anda tidur di bantal atau guling yang berkerut, paginya Anda pasti akan menemukan bekas garis-garis bantal. Coba tidur telentang sesering mungkin dan bergantian antara kanan dan kiri. Hindari terlalu lama tidur menyamping.

Makanan berwarna melindungi kulit

4. Makanan berwarna melindungi kulit
Menerapkan hidup sehat dengan banyak makan makanan buah dan sayur berwarna sangat baik untuk mencegah keriput wajah karena kaya antioksidan. Antioksidan akan menetralisir radikal bebas dan menutrisi tubuh serta kulit.

Makan sayur dan buah seperti wortel, paprika, brokoli, lobak, kubis, tomat, jeruk, apel, dan lain sebagainya. Hindari asupan gula berlebih karena bisa menyebabkan keriput. Perbanyak makanan kaya vitamin C dan A karena berperan sebagai antioksidan di kulit.

Minum air akan membantu mencegah keriput

5. Minum air akan membantu mencegah keriput
Cara mudah dan aman menjaga kulit bebas keriput adalah minum air putih. Selain akan membantu membuang racun dan zat sisa di dalam tubuh, air akan membantu melembabkan kulit sehingga kulit nampak lebih penuh dan segar.

Air putih juga akan menjaga kekenyalan kulit, menjaga tekstur dan kolagen di kulit serta memperkecil kemungkinan pengaruh radikal bebas yang menyebabkan timbulnya garis-garis halus di wajah.  

Itu dia 5 hal seputar keriput yang perlu Anda tahu. Nah, sekarang sudah tahu bagaimana cara mengatasi dan mencegah timbulnya garis-garis halus keriput di wajah kan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading