Sukses

Parenting

Manfaat Mengagumkan Menyusui Untuk Kesehatan Namun Jarang Disadari

Setelah melahirkan, sudah semestinya bagi seorang wanita untuk menyusui buah hatinya. Namun, karena alasan pekerjaan, sakit ataupun tidak nyaman saat menyusui dan lainnya, tidak sedikit wanita memilih berhenti menyusui usai melahirkan. Tidak sedikit ibu memilih memeras ASI dan memberikannya kepada buah hati dengan botol susu.

Tapi tahukah Anda, beberapa study menyebutkan bahwa kegiatan menyusui justru memiliki banyak manfaat baik untuk bayi dan sang ibu. Dilansir dari laman metro.co.uk, menyusui memiliki manfaat mengagumkan bagi wanita. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa menyusui mampu menurunkan risiko kanker. Ingin tahu lebih banyak manfaat mengagumkan dari menyusui? Inilah manfaat menyusui untuk kesehatan wanita.

(vem/mim)

Bantu Turunkan Berat Badan

Saat mengandung, bisa dipastikan berat badan seorang wanita akan dengan mudah naik dan melebihi berat badan idealnya. Dan setelah melahirkan, berat badan bisa dengan mudah turun selama menyusui. Kegiatan menyusui dikatakan sebagai kegiatan yang membantu wanita membakar kalori dalam tubuh lebih mudah.

Tidak hanya itu saja, beberapa penelitian menyebutkan ketika seorang wanita menyusui, maka ia akan memperhatikan setiap makanan yang ia konsumsi. Ketika menyusui wanita cenderung memilih makanan yang sehat dan rendah lemak serta rendah kolesterol agar si bayi tumbuh dan berkembang secara baik. Hal inilah yang dipercaya bahwa menyusui adalah cara terbaik tubuh turunkan berat badan.

Bantu Pikiran Lebih Rileks

Beberapa study menyebutkan bahwa kegiatan menyusui adalah suatu aktivitas yang bisa bantu seseorang mendapatkan pikiran rileks dan tenang. Bersentuhan kulit dengan bayi dikatakan bisa membuat seseorang menjadi lebih tenang dan sabar.

Saat seorang ibu menyusui buah hatinya, naluri keibuan seorang wanita secara langsung maupun tidak langsung dipastikan akan muncul. Study juga menyebutkan bahwa saat menyusui, wanita mengeluarkan hormon endorfin dimana hormon ini bisa bantu pikiran lebih rileks, tenang dan bahagia.

Kurangi Risiko Kanker Payudara

Penyakit paling berbahaya dan juga paling berisiko bagi wanita salah satunya adalah kanker payudara. Namun tahukah Anda, beberapa penelitian menyebutkan bahwa menyusui adalah kegiatan yang bisa bantu wanita menurunkan risiko kanker dalam dirinya.

Menyusui adalah cara paling mudah bagi wanita terhindar dari risiko kanker payudara. Saat wanita menyusui, maka di saat inilah payudara bekerja dengan baik. Sel kanker yang mungkin menyerang di dalam kelenjar payudara seseorang, perlahan dipercaya berkurang karena aktivitas menyusui.

Bantu Ibu Memiliki Istirahat Cukup

Mengasuh bayi adalah kegiatan yang cukup rumit dan cukup menyita banyak waktu bagi orang tua. Namun bagi Anda seorang ibu atau calon ibu, jangan khawatir jika waktu istirahat Anda akan berkurang hanya karena mengasuh bayi. Agar waktu istirahat yang Anda miliki cukup, pastikan bahwa Anda menyusui buah hati Anda. Ketika menyusui, seseorang bisa sekaligus melakukan istirahat. Hal ini mengingat jika aktivitas menyusui bisa dilakukan dengan tiduran ataupun duduk.

Itulah beberapa manfaat menyusui untuk kesehatan yang jarang di duga. Selain manfaat tersebut, menyusui juga dikatakan sangat praktis, bisa bantu buah hati tumbuh dan berkembang dengan baik, memperindah bentuk payudara Anda serta masih banyak lagi.

Buat Anda yang telah memiliki buah hati karena baru saja melahirkan ataupun calon ibu yang saat ini sedang mengandung, pastikan bahwa Anda juga melakukan aktivitas menyusui demi kebaikan buah hati maupun kebaikan diri sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading