Sukses

Beauty

Alergi Susu? Dapatkan Kalsium Untuk Tulang Dari 5 Makanan Super Ini

Ada orang yang sangat menyukai susu, namun tidak jarang juga orang yang tidak suka minum susu atau bahkan alergi susu. Padahal, minum susu itu sangat baik karena merupakan sumber protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang.

Lalu bagaimana caranya untuk memenuhi kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang? Seperti dikutip dari health.com, ada banyak makanan kaya kalsium yang bisa menggantikan posisi susu, kebanyakan adalah sayuran hijau, seperti misalnya yang berikut ini

    Brokoli

    Ada sekitar 86 miligram kalsium dalam 2 mangkuk brokoli mentah. Daripada direbus atau ditumis, brokoli lebih baik dan lengkap kandungan nutrisinya saat masih mentah. Anda bisa mencuci bersih dan menjadikan brokoli jus, lalu diminum begitu saja. Selain kalsium, sayuran ini juga memiliki banyak antioksidan berupa vitamin C dan dapat menurunkan risiko kanker, termasuk kanker usus besar dan kandung kemih.

    Bok Choy

    Sayur hijau empuk ini juga kaya kalsium. Ada sekitar 74 miligram kalsium dalam 1 mangkuk penuh bok coy. Anda bisa menumis sebentar atau menjadikan bok coy sebagai sup sehat. Tidak perlu lama memasak bok coy. Bukan hanya murah meriah, sayur ini kaya vitamin A, vitamin C, dan kalium.

    Edamame atau kedelai hijau

    Jika Anda suka makan kedelai, maka tahu dan tempe serta edamame Jepang akan sangat baik menggantikan susu sapi. Kalsium dalam kedelai juga sangat baik. Ada sekitar 434 miligram kalsium dalam setengah gelas susu atau sari kedelai. Kedelai juga sumber protein nabati yang sangat baik.

    Okra

    Sayuran hijau ini bukan hanya sehat dikonsumsi penderita diabetes, namun juga memiliki 82 miligram kalsium dalam satu mangkuknya. Okra sangat kaya serat yang sangat baik menurunkan kolesterol dan melancarkan pencernaan. Okra juga kaya vitamin B6 dan asam folat yang baik untuk perkembangan janin sehat.

    Sawi hijau

    Sawi hijau memiliki kalsium yang sangat banyak, sekitar 268 miligram per mangkuk dalam keadaan matang. Nah, ini sangat baik dikonsumsi setiap hari. Bukan hanya kalsium, tapi juga kaya antioksidan.

Jadi, tidak perlu bingung lagi jika mau memenuhi kalsium jika Anda tidak suka susu. Sayuran-sayuran di atas sangat baik menggantikan peran susu dalam hal kalsium. Yuk lebih sehat dengan konsumsi sayur.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading