Sukses

Beauty

Biru Hitam VS Putih Emas, Ini Sebenarnya Yang Terjadi Pada Mata Anda

Jika baru-baru ini, sosial media digegerkan dengan sebuah postingan gambar sebuah baju atau dress yang membingungkan antara warna biru-hitam atau putih-emas. Dikonfirmasi dari pemilik gaun sendiri dan bahkan pengambil foto gaun ini, sebenarnya gaun ini memang berwarna biru-hitam, namun mengapa masih banyak yang mengatakan bahwa ini putih-emas?

Dalam sebuah survey di BuzzFeed, sebanyak 70% mengatakan itu adalah putih-emas, dan 30% lainnya mengaku melihat gaun sebagai biru-hitam. Menurut Beau Lotto, seorang ahli syaraf mata dan peneliti warna, dikutip dari news.health.com, persepsi ini memang sangat bisa terjadi karena perbedaan fisik pada mata masing-masing orang.

Persepsi visual seseorang sangat bisa bervariasi bahkan pada orang-orang yang tidak memiliki kelemahan mengenali warna atau buta warna sebagian. Di dalam mata, terdapat sel-sel kerucut yang bertanggung jawab atas cara kita melihat warna. Sel-sel kerucut tersebut diatur secara berbeda pada orang yang berbeda, dan dapat menyebabkan seseorang melihat warna yang berbeda atau versi yang berbeda dari warna aslinya, bahkan dalam pencahayaan yang sama.

Copyright by dailymail.co.uk

Beau Lotto, pun berkata, "Sebagian besar alasan mengapa kita memandang warna secara berbeda adalah karena cara otak kita yang memandang obyek secara berbeda pula dalam berbagai situasi." Otak Anda akan selalu menggunakan sebuah konteks tertentu untuk melihat hubungan antara berbagai warna, jadi memang bisa saja menipu. Mata juga sangat sensitif terhadap cahaya terang atau gelap.

Beberapa orang bisa melihat gaun ini dengan warna yang salah karena faktor pencahayaan. Karena mungkin baru saja melihat sesuatu yang sangat terang atau sangat gelap, dan itu akan mengubah persepsi apa yang mereka lihat sekarang.

Pada kenyataannya, setiap orang memang melihat warna secara berbeda setiap waktu karena pengaruh otak dan sel kerucut pada mata. Jadi, mengapa harus memperdebatkan begitu keras tentang sebuah baju?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading