Sukses

Beauty

9 Cara Mudah Mengurangi Konsumsi Gula Agar Tubuh Tidak Gemuk

Dalam sehari mungkin kita bisa minum minuman yang manis lebih dari segelas. Belum lagi jika kita makan makanan yang manis, seperti kue, permen, es krim dan puding. Jika kita tidak mengkonsumsi makanan manis dalam sehari, seakan tubuh kita akan merasa lelah dan tidak bertenaga.

Seperti dilansir dari sofeminine.co.uk, mengurangi gula berdampak baik bagi kesehatan fisik dan mental. Semakin cepat Anda menguranginya akan semakin baik.

Gula dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan mulai dari berat badan, arthritis, penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, alzheimer, perkembangan kanker, depresi dan sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Total gula yang kita konsumsi jika dihitung dari minuman dan makanan manis, dalam sehari bisa 60 gram, atau setara dengan 22 sendok teh gula. Maksimal konsumsi gula seperti yang disarankan oleh dokter dari WHO, adalah 10 sendok teh perhari.

Konsumsi gula yang overdosis memang bisa menyebabkan kita sangat berenergi, namun hanya sementara. Gula akan diubah oleh tubuh menjadi kalori. Kalori yang berlebihan, akan berubah menjadi lemak yang membuat tubuh Anda gemuk.

Gula adalah kenikmatan yang membahayakan dan beracun bagi tubuh jika berlebihan. Saatnya Anda untuk melakukan gaya hidup yang benar.

Berikut 9 cara mudah untuk mengurangi gula dari hidup Anda.

    Makan Sarapan

    Jika kita tidak sarapan, pada jam 11:00 atau tengah hari, kita menjadi lapar dan menginginkan gula, sehingga kadar gula darah kita turun terlalu rendah.

    Pilih Makanan Dengan Bijak

    Makanan yang Anda pilih bisa memiliki dampak besar pada kesehatan Anda. Hindari junk food. Pilihlah makanan dengan kadar glikemik yang rendah. Pastikan makan cukup protein, sayuran non-tepung dan karbohidrat murni, seperti kentang, jagung, dan singkong. Konsumsi sayuran hijau seperti brokoli dan bayam serta protein (daging ayam, telur, ikan, kacang-kacangan) yang dicerna perlahan sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

    Konsumsi Yogurt

    Kurangnya bakteri baik dalam makanan, berarti Anda bisa kehilangan organisme penting yang membuat usus sehat. Jadi konsumsi makanan kaya probiotik seperti yogurt, yang banyak bermanfaat bagi kesehatan.

    Hindari Kopi

    Kafein dalam kopi adalah stimulan yang menyebabkan hormon stres dalam tubuh kita, seperti kortisol dan adrenalin akan mudah naik. Hal ini akan membuat Anda ingin mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis. Lebih baik, minum teh hijau tanpa gula yang lebih sehat, dan dapat membuat tubuh Anda langsing.

    Makanlah Cemilan Sehat

    Saat Anda lapar, lebih baik makan semangkuk oatmeal atau alpukat, yang dapat membuat Anda kenyang tanpa harus mengkonsumsi gula.

    Sesekali Konsumsi Dark Cokelat

    Dark cokelat 70 persen, biasanya hanya mengandung sejumlah kecil gula. Cokelat hitam juga  mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

    Konsumsi Gula Alternatif Alami

    Cobalah menggunakan xylitol atau gula dari tanaman stevia. Stevia adalah zat yang diekstrak dari daun tanaman stevia. Gula stevia sangat manis dan sedikit saja penggunaannya bisa memberikan rasa manis. Stevia juga mengandung sedikit kalori dan tidak berdampak pada glukosa darah.[/content

    Kurangi Stres

    Stres adalah salah satu pemicu utama kita menginginkan gula. Coba lakukan olahraga ringan, seperti berlatih yoga atau meditasi untuk membantu Anda bersantai.

    Olahraga

    Olahraga dapat membantu kita untuk lebih berenergi, dan lebih sehat. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi tingkat stres dan juga mengontrol gula darah.

Ternyata mudah bukan untuk mengurangi konsumsi gula?


(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading