Sukses

Beauty

Anda Sakit Pilek Dan Batuk? Ini Dia Cara Alami Mengatasinya

Bisa dibilang hampir semua orang pernah mengalami sakit pilek atau flu. Ada banyak penyebab kenapa seseorang mengalami sakit flu. Namun, salah satu penyebab yang sering terjadi adalah karena daya tahan tubuh lemah. Penurunan daya tahan tubuh ini sendiri bisa karena kelelahan, nutrisi untuk tubuh kurang dan pergantian cuaca atau pancaroba. Pilek dan batuk merupakan sakit yang sering menyerang beriringan.

Disebabkan oleh virus influenza, penyakit ini sangat mudah menular. Lalu bagaimana untuk mengatasi pilek dan batuk? Selain minum obat dari dokter atau apotek, Anda bisa mengatasi pilek dan batuk dengan cara alami. Dilansir dari laman metro.co.uk, inilah cara alami atasi pilek dan batuk.

    Air Garam

    Cara pertama yang bisa dilakukan untuk atasi pilek dan batuk adalah memanfaatkan air garam. Larutkan satu sampai dua sendok garam ke dalam satu gelas air. Jika sudah larut, gunakan larutan air garam ini untuk berkumur. Memang rasanya cukup mengerikan. Tapi, jika Anda berkumur air garam minimal dua kali dalam sehari, hal ini bisa bantu sembuhkan Anda dari masalah pilek dan batuk.

    Bawang Putih

    Sudah sejak lama bawang putih dikenal baik untuk kesehatan. Pilek dan batuk juga bisa diatasi dengan makan satu sampai dua siung bawang putih mentah. Bawang putih mengandung nutrisi yang baik sebagai antivirus dan antibiotik. Nutrisi inilah yang dipercaya mampu meringankan dan mengatasi gejala flu penyebab pilek serta batuk. Jika tidak suka makan bawang putih mentah secara langsung, Anda bisa menghaluskan bawang putih, menghaluskan satu sampai dua butir cengkeh lalu mencampurnya dengan minyak zaitun dan membuatnya sebagai selai untuk roti sebagai sarapan.

    Uap

    Rebus air hingga mendidih kira satu liter. Tuang air yang sudah mendidih ke sebuah wadah lalu letakkan wajah Anda di atas air yang masih memiliki uap setelah direbus tersebut. Hirup uap air tersebut dalam-dalam kira-kira  sampai 7 menit. Untuk aroma yang lebih harum dan melegakan tenggorokan, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih, minyak esensial ataupun minyak cengkeh ke dalam air.

    Minum Jeruk Hangat

    Vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk baik jeruk buah ataupun jeruk nipis sangat baik dalam membantu mengembalikan daya tahan tubuh dan mengatasi gejala pilek serta batuk. Ketika Anda mengalami sakit flu, usahakan untuk segera minum air jeruk hangat.

    Minum Jahe Hangat

    Jahe adalah salah satu rempah yang terkenal dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan. Salah satu manfaat jahe adalah mampu mengatasi sakit flu penyebab pilek dan batuk. Minumlah jahe hangat setidaknya dua kali dalam sehari ketika Anda merasakan akan mengalami sakit flu. Hal ini membantu Anda meringankan gejala flu penyebab pilek dan batuk lebih cepat. Selain mengatasi pilek dan batuk, minum jahe hangat bisa bantu menghangatkan badan, membuat pikiran lebih tenang dan kekebalan tubuh kembali normal.


Itulah cara alami mengatasi sakit flu penyebab pilek dan batuk. Cara ini sangat mudah dilakukan dan pastinya murah. Selain cara tersebut, saat mengalami gejala flu, mengkonsumsi sup ayam dan sup hangat lain disinyalir juga bisa meringankan pilek dan batuk.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading