Sukses

Beauty

Tingkatkan Fungsi Otak? Yuk Coba 7 Makanan Ini

Seiring dengan berjalannya waktu, usia kita pun akan bertambah dan semakin tua, tubuh serta kemampuan otak kita juga akan berkurang. Namun, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa jenis makanan dan suplemen yang dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan memperbaiki fungsi otak.

    Gula (glukosa)

    Selain gula dapat meningkatkan kewaspadaan, gula juga bisa menjadi bahan bakar untuk menjalankan fungsi otak dengan baik. Akan tetapi, gula yang dimaksud bukanlah gula seperti pemanis buatan, tapi glukosa. Glukosa yang dihasilkan dari proses metabolisme karbohidrat yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, mengonsumsi segelas minuman manis dapat membantu daya ingat Anda.

    Kafein

    Selain dapat meningkatkan kewaspadaan, kafein pun dapat memberikan energi, membantu agar lebih fokus, serta meningkatkan konsentrasi. Namun, mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat menyebabkan kegelisahan. Anda bisa mengonsumsi kafein yang terkandung dalam kopi, cokelat, energy drink dan obat-obatan, tentunya jangan terlalu sering.

    Alpukat dan gandum

    Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi aliran darah. Apalagi aliran darah lancar dibutuhkan untuk fungsi kerja organ di seluruh tubuh, terutama jantung dan otak. Jadi, hanya rajin mengonsumsi alpukat dan gandum (secukupnya) Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular, mengurangi lemak jahat, serta mengurangi penumpukan plak.

    Sarapan

    Sebuah studi mengatakan, bahwa seseorang yang selalu sarapan secukupnya setiap hari dapat meningkatkan daya ingatnya. Anda bisa mencoba sarapan dengan buah segar, susu, atau biji-bijian yang kaya akan serat. Jadi, jangan sarapan dengan sesuatu yang banyak mengandung kalori, karena dapat menghambat konsentrasi dan membuat badan menjadi lesu.

    Protein dan Omega 3

    Dengan mengonsumsi ikan yang kaya akan omega 3 akan sangat baik untuk meningkatkan daya kerja otak. Selain itu, omega 3 juga dapat menurunkan risiko terkena Alzheimer (dementia) dan stroke. Nah, Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan 2 kali (2 porsi) dalam seminggu.

    Kacang-kacangan dan Cokelat

    Cokelat pahit atau yang biasa disebut dengan dark chocolate kaya akan antioksidan serta mengandung stimulan alami seperti kafein. Hal tersebut pun sama dengan kacang dan biji-bijian yang juga mengandung vitamin E (antioksidan). Sebaiknya konsumsi 1 ons cokelat dan kacang-kacangan setiap harinya.

    Blueberries

    Dapat melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas karena kaya antioksidan. Blueberries juga baik melancarkan pencernaan, aliran darah dan menurunkan kolesterol serta tekanan darah.

Jadi, jika ingin menguatkan daya otak, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan di atas ya.

Sumber: MeetDoctor

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading