Sukses

Beauty

10 Bahan Dapur Yang Efektif Membersihkan Liver Anda

Kesehatan adalah suatu hal yang perlu dipertahankan. Jika Anda ingin hidup sehat dan menjaga fungsi organ dengan baik, maka Anda juga perlu menjaga makanan Anda. Nah, salah satu organ tubuh yang perlu dijaga kesehatannya adalah hati atau liver.
 
Meski memang liver memiliki kemampuan memperbaiki dirinya sendiri saat rusak dengan cepat, bukan berarti Anda bisa mengabaikan kesehatannya. Seperti dikutip dari healthmeup.com, ada banyak makanan yang bisa membersihkan liver dan menjaga fungsinya dengan baik, sepuluh di antaranya adalah

1.Kunyit
Kunyit merupakan salah satu tanaman obat yang sangat mujarab menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan. Kunyit adalah rempah-rempah yang terbaik untuk kesehatan hati, karena mampu mendetoksifikasi hati dan mengeluarkan unsur-unsur karsinogenik dari makanan. Kunyit juga membantu tubuh mencerna lemak dengan memicu produksi empedu.

2. Alpukat
Buah alpukat mengandung banyak nutrisi dan lemak sehat yang membantu tubuh Anda memproduksi glutathione, yang memungkinkan hati untuk mendetoksifikasi dirinya sendiri.

3. Apel
Apel mengandung pektin, zat kimia yang mendorong tubuh untuk melepaskan racun dari saluran pencernaan, membuat pekerjaan hati lebih mudah.

4. Brokoli
Sayuran seperti brokoli dan kembang kol atau kubis memicu pelepasan enzim yang disebut glukosinolat dalam tubuh Anda. Enzim ini akan merangsang produksi enzim pencernaan dan membantu membuang racun dari aliran darah Anda.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun adalah minyak ringan yang membantu hati menyerap semua racun berbahaya dalam tubuh dengan kondensasinya yang ringan namun mudah dicerna.

6. Bawang putih
Bawang putih kaya kandungan belerang, yang mengaktifkan enzim yang bisa membawa keluar racun dari tubuh. Bawang putih juga kaya allicin dan selenium, yang merupakan senyawa yang membantu hati Anda membersihkan dirinya sendiri.

7. Tomat
Selain kaya glutathione, tomat juga dilengkapi kandungan tinggi lycopene, yang membantu melindungi tubuh dari berkembangnya sel kanker.

8. Lemon/ jeruk nipis
Buah jeruk seperti lemon, jeruk nipis dan lain sebagainya yang kaya vitamin C dapat merangsang kinerja hati lebih baik dan juga meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Hal ini akan membantu tubuh mensintesis bahan beracun keluar dari tubuh Anda.

9. Wortel
Selain mengandung glutathione, wortel juga mengandung protein yang mampu mendetoksifikasi hati. Wortel juga gudang flavonoid dan beta-karoten, vitamin A yang merangsang dan meningkatkan fungsi kerja hati.

10. Bayam
Bayam kaya glutathione dan klorofil tanaman yang menyedot bahan berbahaya yang menumpuk di dalam tubuh seperti bahan kimia dan pestisida dalam aliran darah Anda, sehingga melindungi hati dari kerusakan jaringan.

Jadi ingat pepatah yang mengatakan “sehat itu mahal”? Sebelum benar-benar sakit, jaga kesehatan Anda agar Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading