Sukses

Beauty

Kurang Minum Air Putih Salah, Banyak Minum Juga Salah dan Berbahaya

Untuk alasan kesehatan, kita dianjurkan minum 6 hingga 8 gelas air setiap hari. Jumlah tersebut dirasa pas untuk mengganti cairan tubuh yang hilang karena aktivitas dan proses regenerasi tubuh. Namun seringkali, seseorang memaksa dirinya minum lebih banyak air, padahal hal tersebut justru berbahaya.

Dilansir oleh Dailymail.co.uk, Profesor Mark Whiteley, seorang pendiri The Whiteley Clinic di London mengungkapkan kekhawatirannya pada orang-orang yang minum air berlebih dengan alasan ingin lebih sehat. Sesuatu yang berlebih tidak baik, Anda bisa mengalami beberapa hal ini jika terlalu banyak mengonsumsi air.

    Keringat Berlebih

    Profesor Whiteley yang juga seorang pakar yang menangani hiperhidrosis (keringat berlebih) meyakini bahwa minum air berlebih akan menyebabkan masalah keringat berlebih juga. Ketika tubuh tidak memerlukan cairan tetapi Anda memasukkan berlebih, maka tubuh akan membuangnya, salah satunya adalah dengan cara berkeringat. Hal ini tentunya sangat mengganggu.

    Menyebabkan Insomnia

    Tidur malam adalah rutinitas penting untuk memperbaiki tubuh dari dalam. Minum air dianjurkan beberapa waktu sebelum tidur, sebab tubuh sering mengalami dehidrasi saat terbangun. Namun minum terlalu banyak air menjelang tidur justru dapat menyebabkan insomnia dan membuat Anda berkali-kali terbangun untuk buang air kecil ke toilet. Profesor Whiteley menyarankan Anda minum dua atau tiga gelas air dua jam sebelum tidur.

    Bisa Menyebabkan Keracunan

    Air tampak tidak berbahaya, namun bisa sangat mematikan jika berlebih. Pada tahun 2008, Jacqueline Henson, wanita berusia 40 tahun melakukan program penurunan berat badan ketat. Dia minum hingga empat liter air dalam waktu beberapa jam. Overdosis tersebut membuat Jacqueline meninggal. Hal tersebut disebabkan karena keseimbangan darah dan mineral dalam tubuh berantakan.

    Jangan biasakan minum air banyak dalam satu waktu. Akan lebih baik jika Anda minum sedikit-sedikit tetapi teratur daripada langsung minum banyak dalam satu waktu. Kasus keracunan dan hiponatremia adalah kasus paling fatal dari overdosis air.

    Jadi Berapa Jumlah Air Yang Dibutuhkan?

    Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jika kegiatan Anda santai, 6-8 gelas air sudah mencukupi kebutuhan. Namun jika aktivitas berat, tambahkan jumlahnya. Cara paling mudah adalah mengenali sinyal dari tubuh Anda. Jika tubuh merasa haus, maka itulah waktunya untuk minum segelas air.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat Anda lebih sehat.















(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading