Sukses

Health

9 Manfaat Minum Teh Serai, Cegah Gigi Berlubang hingga Kanker

 

Fimela.com, Jakarta Lemongrass atau lebih kita kenal sebagai serai atau sereh, merupakan tanaman herbal yang umumnya berguna sebagai bumbu masakan. Tapi bukan hanya itu, serai juga memiliki manfaat kesehatan yang menakjubkan. Batang serai bisa dicuci bersih lalu dimemarkan untuk diseduh sebagai teh hangat. Ada banyak kandungan menyehatkan yang dikandung dalam batang serai. Apa saja kira-kira manfaat kesehatan dari minum teh serai? Yuk simak daftarnya berikut ini!

1. Relaksasi

Tanaman dengan batang tinggi berdaun panjang dan tajam ini memiliki aroma segar. Umumnya minyak atsiri pada serai digunakan sebagai aromaterapi seperti membantu melepaskan stres, menenangkan pikiran, menyegarkan udara, meningkatkan suasana hati agar menjadi lebih baik dan bahkan membantu membuat tubuh mudah mengantuk dan tertidur dengan nyenyak.

2. Detoks tubuh

Sifat diuretik pada teh serai akan membantu membersihkan pencernaan dan menjaga organ tubuh agar bisa bekerja secara optimal. Rutin mengonsumsi teh serai mampu membersihkan tubuh dari zat sisa yang bersifat racun sekaligus menurunkan kadar asam urat dan kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi teh serai diketahui juga bisa melancarkan peredaran darah.

3. Melawan radikal bebas

Batang serai memiliki sifat antioksidan tinggi. Menuru penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung beberapa antioksidan seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin yang dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab penyakit dalam tubuh. Antioksidan-antioksidan itu juga dapat mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

4. Melawan kanker

Kandungan citral dalam serai diketahui memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa lini sel kanker dan dapat mencegah berkembangnya sel-sel in vitro penyebab kanker. Bahkan teh serai bisa membantu mempercepat penyembuhan untuk pasien yang baru selesai mendapat kemoterapi pengobatan kanker. Minum secangkir teh serai setiap hari mampu membantu kematian sel secara langsung atau meningkatkan sisitem kekebalan tubuh.

5. Mencegah gigi berlubang

Tidak banyak yang tahu bahwa mengonsumsi teh serai atau ektrak serai dapat membantu mencegah kerusakan gigi akibat bakteri. Teh serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang, berkat sifat antimikrobanya. Menurut studi in vitro yang diterbitkan dalam jurnal National Institutes of Health 2012, minyak esensial serai mampu melawan bakteri Streptococcus mutans yang mampu menyebabkan gigi berlubang.

6. Meredakan stres dan nyeri PMS saat menstruasi

Serai merupakan obat antidepresan alami yang membantu melepas stres dan menenangkan pikiran. Kandungan teh serai ternyata juga sangat baik dalam meredakan nyeri kram perut saat menstruasi. Menghirup aroma teh serai sekaligus memberikan efek relaksasi dan aromaterapi menyegarkan untuk tubuh yang stres akibat PMS.

7. Mengatasi sembelit dan diare

Teh serai memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang bisa membunuh parasit dan kuman di dalam sistem pencernaan. Minum teh serai diketahui dapat meningkatkan pencernaan yang sehat. Jika sedang sembelit, kembung atau diare, minum teh serai akan membantu mengurangi gejalanya. Antimikroba dalam teh serai juga dapat meringankan gejala tukak lambung, gastroenteritis atau maag.

8. Menjaga kesehatan jantung

Minum teh serai dapat menurunkan kolesterol jahat sebagai penyebab penyakit jantung. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menunjukkan bahwa ekstrak minyak serai membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah, meskipun dosisnya masih perlu diteliti lebih lanjut. Senyawa citral dan geranial pada serai memiliki sifat anti-inflamasi yang juga berperan dalam mengurangi peradangan dan menjaga kesehatan jantung.

9. Mengurangi tekanan darah tinggi

Dalam sebuah studi observasional, diketahui teh serai mampu membantu menurunkan tekanan darah sistolik tinggi pada 72 sukarelawan pria. Dengan kata lain, minum teh serai mampu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga tubuh tidak mengalami risiko berbahay akibat tekanan darah tinggi. Teh serai bahkan diketahui membantu meningkatkan tekanan darah diastolik agar tekanan tubuh seimbang.

Jadi, jangan ragu mencoba sendiri teh serai di rumah. Bahkan cocok sekali jika musim hujan begini menyeduh teh serai untuk menghangatkan tubuh sekaligus mencegah flu yang datang mengganggu.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading