Sukses

Beauty

4 Cara Alami Sembuhkan Sariawan dengan Cepat

Makan jadi tak enak jika terkena sariawan. Selezat apapun makanan yang dinikmati, rasanya bisa jadi hambar ketika kita sedang sariawan. Apalagi kalau menikmati makana yang pedas atau asam, ugh tersiksa sekali rasanya.

Dikutip dari livestrong.com, penyebab sariawan bisa bermacam-macam seperti salah dalam menyikat gigi, gangguan sistem kekebalan tubuh, stres, kekurangan vitamin B-12, perubahan hormon, alergi makanan, dan kejadian tak sengaja menggigit bagian dalam bibir atau mulut. Sariawan umumnya sembuh dalam waktu seminggu. Jika Anda ingin mempercepat proses kesembuhan sariawan, Anda bisa coba empat cara alaminya ini.

    Menggunakan Bawang Putih

    Ambil irisan bawang putih, lalu gosokkan di area yang terkena sariawan selama 1 menit, diamkan 1 jam, baru kumur-kumur dengan air bersih. Lakukan secara rutin setiap hari. Alisin, bahan aktif dalam bawang putih, bisa berfungsi sebagai antiseptik dan memiliki kandungan anti virus dan anti bakteri. Bawang putih ini bisa mempercepat proses kesembuhan sariawan.

    Menggunakan Pasta Kunyit

    Campurkan 3 sdm bubuk kunyit dengan 1 sdm air hingga menjadi pasta. Aplikasikan pasta kunyit ke area yang terkena sariawan dengan menggunakan kapas steril. Diamkan 1 hingga 2 menit, lalu kumur dengan air bersih. Kunyit berfungsi sebagai antiseptik alami dan mengurangi rasa perih.

    Menggunakan Air Garam

    Tahukah Anda bahwa garam adalah anti septik alami? Garam ini bisa mempercepat proses kesembuhan sariawan dan mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan rasa nyeri. Cukup campurkan 12 sdm garam beryodium dengan setengah gelas air panas. Ketika sudah cukup hangat, berkumurlah dengan air garam selama 1 menit. Baru setelah itu, kumur dengan air putih biasa hingga rasa asinnya hilang.

    Menggunakan Minyak Peppermint

    Oleskan minyak peppermint dua kali sehari di area yang terkena sariawan. Diamkan dulu 15 menit sebelum berkumur dengan air bersih. Minyak peppermint bisa meringankan luka iritasi dan meredakan rasa perih.

Lakukan pengobatan ini secara rutin untuk mempercepat proses kesembuhan. Selamat mencoba, Ladies. Semoga sariawan Anda cepat sembuh dengan cara-cara alami tersebut.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading